461 Anak Terbunuh Akibat Perang Ukraina dengan Rusia

oleh -
oleh
Satu tahun perang Ukraina dengan Rusia. Foto: Istimewa

PosRakyat – Sekira 461 anak telah terbunuh sejak dimulainya perang Rusia dan Ukraina. Hal ini diungkapkan oleh Ombudsman Ukraina Dmytro Lubinets belum lama ini.

“Angka-angka ini belum final. Untuk mengklarifikasi ini, pekerjaan masih berlanjut di daerah yang diduduki sementara, dibebaskan, dan di mana konflik berlanjut,” kata Lubinets kepada Anadolu dalam sebuah wawancara, Jumat, 24 Februari 2023.

baca Juga: Ajang IMSTC 2023 di UGM, Mahasiswa FK USK Berhasil Ukir Prestasi 

Menurutnya, hingga saat ini sangat sulit untuk menentukan jumlah pasti warga Ukraina yang melarikan diri dari negara itu sejak awal perang dimulai.

Berdasarkan angka Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), ada lebih dari 8 juta pengungsi dari Ukraina di Eropa hingga 20 Februari 2023, dan 5 juta diantaranya telah terdaftar dalam berbagai program perlindungan nasional negara-negara Eropa.

Baca Juga: Dugaan Penyimpangan Dana Porprov Rp1,9 Miliar Terus Didalami Kejari Tolitoli

Lubinets lebih lanjut mengatakan ombudsman tidak tahu berapa banyak warga Ukraina yang berada di Rusia dan Belarusia, tetapi lebih dari 15 juta orang meninggalkan Ukraina berdasarkan informasi dari badan pengungsi PBB tentang jumlah mereka yang melintasi perbatasan Ukraina.

Dia juga mencatat bahwa banyak anak yang dirugikan akibat perang.

Baca Juga: Program BSPS oleh BP2P Wilayah Sulawesi II Diduga Bermasalah, Simak Penjelasanya 

“Ada 520.000 anak Ukraina di luar negeri karena perang yang dilakukan oleh Rusia,” sebutnya.