Bandara Mutiara Lakukan Pencegahan Virus Corona di Palu

oleh -
ilustrasi Virus Korona

Posrakyat.com – Merebaknya virus Corona yang telah membunuh puluhan manusia membuat negara negara di berbagai belahan dunia panik. Indonesia juga salah satu di antaranya. Demi melakukan pencegahan dini terhadap penyebaran virus Corona ini, Indonesia, khususnya Kota Palu, telah melakukan pencegahan di Bandara Mutiara Sis Al Jufrie.

Petugas Kesehatan Bandara Mutiara Sis Aljufrie melakukan pendeteksian virus pada penumpang pesawat setelah mereka memasuki bandara. Pendeteksian menggunakan alat pengukur suhu tubuh (termometer infra red) dan thermas scanner di pintu masuk bandara.

Koordinator Wilayah Kerja Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Dr Lisda Ulyakhairlika, mengatakan pihaknya melakukan dua kali pengecekan agar tidak ada yang terlewatkan.

“Supaya tidak ada yang terlewat pemeriksaannya memeriksa setiap penumpang yang datang lewat pintu kedatangan, kami tembak dulu dengan infraret, setelah itu kami melakukan pengecekan ulang dengan termalscener,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Palu, Senin (27/01), dilansir Antaranews.

Ia juga menambahkan jika ada penumpang yang memiliki suhu tubuh lebih tinggi dari normal, disertai batuk pilek, peugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah penumpang tersebut terjangkit virus corona atau tidak.

Jika benar bahwa penumpang tersebut terindikasi virus Corona, pihaknya akan langsung merujuk penumpang tersebut ke Rumah Sakit Undata Palu, yang telah menyiapkan ruangan khusus pasien dengan virus Corona.

“Sejauh ini belum ada satupun di bandara dari sejak Minggu (25/1/2020) mulai dilakukan pemeriksaan, dan kami akan di sini sampai masalah teratasi,” ujarnya.

Virus Corona menjadi momok yang sangat menakutkan bagi warga dunia. Pasalnya, virus ini dikabarkan telah menyebar di 13 negara. Negara tersebut adalah Cina, Kanada, Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Nepal, Prancis, dan Australia. Meski masih dalam jumlah kasus yang sedikit, tetap saja, hal ini membuat resah penduduk sekitar.

Gejala dari Virus Corona sendiri adalah demam yang cukup tinggi, batuk pilek disertai bersin, dan juga sesak napas. Diketahui, virus korona ini menyerang saluran pernafasan yang kering.

Untuk pencegahannya, hindari kontak dengan hewan. Virus Corona terjangkit pada kelelawar yang ditularkan melalui babi yang dijual di pasar Cina. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan hewan peliharaan anda, teruatama hewan ternak seperti sapi, ayam, dll.

Selain itu, jangan sepelekan mencuci tangan hingga bersih. Anda mungkin tidak sadar dengan apa yang sudah anda sentuh. Jadi, pastikan untuk selalu mencuci tangan anda hingga bersih setelah menyentuh barang barang atau hewan peliharaan anda.

Terakhir, jangan lupa mengenakan masker untuk menghindari penularan virus. Memang, virus Corona di Indonesia belum semarak di Cina. Tetapi, lebih baik anda mencegahnya bukan?

 

Editor : ZF

loading...