Bantuan Pemkot Payakumbuh, Longki Janggola : Bantuan ini sebaiknya disalurkan langsung ke posko-posko

oleh -
Gubernur Sulteng, Longki Djanggola didampingi pejabat Setdaprov, Arfan menerima kunjungan Wawali Payakumbuh, Erwin Yumaz dan rombongan di ruang kerjanya, Rabu (31/10/2018). [Bob Shinoda]

Palu, Posrakyat.com – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola menerima kunjungan Wakil Wali Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, Erwin Yunaz dan rombongan di ruang kerjanya, Rabu (31/10/2018). Kunjungan Erwin Yunaz ini untuk memberikan dukungan moral kepada pemerintah setempat dan memberikan bantuan kepada warga korban gempa, tsunami, dan likuifaksi pada 28 September lalu.

Pemerintah dan Masyarakat Kota Payakumbuh memberikan bantuan untuk korban bencana di Sulteng sebesar Rp390 juta dan sembako untuk para pengungsi.

Erwin Yunas menyampaikan turut bersimpati atas semua kejadian bencana yang menimpa Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Sigi. Sebelum bertemu Gubernur Longki, Erwin juga telah menemui Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Mohammad Hidayat Lamakarate di ruangannya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Longku mengucapkan terima kasih atas dukungan moril dan bantuan materil kepada masyarakat korban bencana di tiga daerah ini.

“Bantuan ini sebaiknya disalurkan langsung ke posko-posko. Jadi langsung diserahkan kepada warga korban di tenda-tenda pengungsi,” ujar Gubernur Longki.

Ia menyampaikan bahwa proses perbaikan di beberapa aspek sudah berjalan.

“Sudah mengarah pemulihan. Tinggal perbaikan-perbaikan lain. Sekolah dan Puskesmas,” ungkapnya.

Gubernur yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng ini mengatakan, saat ini proses recovery infrastruktur serta pemulihan psikologi warga, seperti program trauma healing dan sejenisnya.

Ia menambahkan, ihwal bantuan dan dari luar negeri masuk melalui Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI. Sementara bantuan dalam bentuk barang diserhakan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). [***]

Penulis; Bob Shinoda

loading...