BJ Habibi Orang Pertama Buka Kebebasan Pers RI

oleh -
Foto: Istimewa

Posrakyat.com – Bj Habibi tutup usia, Banyak meninggalkan kenangan bagi rakyat Indonesia, salah satunya dia orang pertama membuka  ‘keran’ kebebasan Pers di Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Drs. Theo L. Sambuaga mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman Indonesia pada era Kabinet Reformasi Pembangunan (BH Habibi).

“BJ Habibie, adalah orang yang membuka keran kebebasan pers setelah lengsernya Presiden Soeharto,” kata Theo dalam wawancara bersama Radio Elshinta 11 September 2019.

Diceritakannya, pada 1998 dia sebagai wakil presiden Soeharto sesuai mandat konstitusi, dia menggantikan posisi Soeharto.

Usai dilantik menjadi orang nomor satu di Indonesia, dia kemudian mempersiapkan susunan kabinet yang akan membantunya. Ketika itu, Habibie berkisah, dirinya mendapat laporan dari berbagai pihak yaitu Panglima ABRI (sekarang TNI), Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Keluarga Besar Golkar serta Pimpinan MPR dan DPR mengenai kondisi negara saat itu.

Diketahui diera Soeharto, media tidak mendapat kebebasan oleh Pemerintah jaman Orde Baru, hingga membuat Per terbelengguh.

Selamat jalan putra terbaik Bangsa. Tanpa kamu PERS Republik Indonesia tak tahu jadi apa.

Reporter: S. Wijaya

 

loading...