Bupati Touna Pertimbangkan Tutup Akses Pelabuhan, Ini Penjelasannya

oleh -
Vidcon meeting Bupati Touna bersama Gubernur Sulteng, Selasa, (31/3/2020).

Touna, PosRakyat.com – Dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran virus Corona atau Covid 19, Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, MSi melakukan vidio teleconference (Vidcon) meeting bersama Bupati Tojo Una-Una.

Vidcon tersebut bertempat di ruangan Bupati Touna Muhamad lahay SE, MM dan di hadiri Wakapolres Touna Kompol Sulih Rudito, Kepala Dinas Kesehatan Dra.Hj.Jafanet Alfari, dan juga instansi terkait,pada selasa (31/03/2020).

Dalam vidcom Muhammad Lahay menyampaikan pada Gubernur Sulteng terkait akses Kapal Ferry dari daerah Gorontalo, yang jadwal masuknya tidak menentu, yaitu hanya ada di tiga kecamatan Sperti Kec.Una-una, Walea Kepulauan Dolong, walea kepulauan besar dipasokan

“Kadang masuk malam kadang Subuh,” Ucap Bupati.

Muhamad lahay menuturkan jika akses di pelabuhan di tutup dari pukul 17:00,sampai Pukul 07:00 pagi seperti yang disampaikan Gubernur, pihaknya akan mengambil langkah karena jadwal kapal masuk biasanya tidak menentu kandang masuk pukul 19:00 Malam di Pelabuhan Wakai.

“Jadi Tiga pelabuhan ini yang sementara operasi.” Ucapnya.

Lanjut Muhamad lahay menambahkan, bahwa pihak pemerintah Touna semntara ini belum bisah mengambil langkah menutup pelabuhan tersebut di karenakan ekonomi masyarakat yang ada di Touna tergantung dari daerah lain, atau provinsi lain.

Misalnya kata Bupati, di kecamatan yang ada di Kepulauan, pihak mereka menjual bahan komoditi atau hasil perkebunannya sperti cengkeh, Kopra dan lainya itu mereka menjualnya ke luar daerah sperti Gorontalo, Sehingga dengan akses ini sangat membantu dan menguntunkan masyarakat Touna.

Muhamad lahay mengatakan, pemerintah Touna sementara ini sudah menyiapkan petugas kesehatan untuk standby di setiap pelabuhan, sehinga ketika masuknya kapal ada tim medis yang akan memeriksa keadaan penumpang sesuai petunjuk dinas kesehatan.

Hal yang sama juga seprti kapal Tol Laut, kapal feri yang beroprasi di pelabuhan Ampana yang jadwal masuknya tidak menentu, sehingga pihaknya berharap seperti apa Pertimbangan dari gubernur Sulteng. (JEFRY)

loading...