Cegah Pendangkalan, Pemdes Loli Oge bersama PT SMM Lakukan Normalisasi Sungai 

oleh -
oleh
Pemdes Loli Oge bersama PT SMM saat melakukan normalisasi sungai. Hal ini guna mengantisipasi pendangkalan. Foto: IST

PosRakyat – Kewajiban perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar merupakan sebuah keharusan yang menjadi tanggungjawab setiap perusahaan, salah satunya tanggungjawab sosial terhadap kondisi Sungai yang mengalami pendangkalan.

Di Desa Loli Oge kecamatan Banawa kabupaten Donggala kondisi sungai yang berbatasan dengan Kelurahan Watusampu kota Palu telah mengalami pendangkalan yang cukup parah, sehingga saat musim penghujan terjadi akan mengalami luapan air yang cukup besar di badan Sungai.

Baca Juga: Pj Bupati Morowali Minta ASN Hati-Hati Komentari Informasi di Medsos

Baca Juga: Langkah Starategis Penataan Jalan Tambang di Wilayah Sulawesi Tengah 

Untuk itulah, Kepala Desa Loli Oge Gatot mengambil langkah inisiatif, pihak pemerintah desa (Pemdes) mengeluarkan surat permohonan normalisasi badan Sungai Walla yang ditujukan kepada perusahaan disekitar badan Sungai.

Merespon surat kepala desa Loli Oge, pihak management PT Sinar Mutiara Megalindo ( SMM) langsung menurunkan alatnya untuk melakukan normalisasi,
dengan mengerahkan alat berat jenis Eksavator.

Operator dari PT SMM melakukan pengerukan sedimentasi material di bahu sungai dengan menata daerah aliran sungai ( DAS).

“Sesuai permintaan desa, kami lakukan normalisasi di badan Sungai yang telah memiliki sedimentasi yang menghawatirkan, artinya saat musim penghujan berpotensi menjadi luapan air,” ujar Senior Frontman PT SMM, Finduan kepada tim media ini beberapa waktu lalu.

Masih menurut Finduan, PT SMM mempergunakan dana CSR untuk melakukan pengerukan dan penataan kembali badan sungai.

“Semua operasional dalam kegiatan ini diambil dari pos anggaran CSR milik perusahaan , kami bangga bisa membantu masyarakat untuk mencegah banjir sejak dini dengan melakukan normalisasi ” pungkasnya.