Covid Melonjak, Begini Kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Sulteng

oleh -
Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM DPD PDI-P Provinsi Sulteng, dan Ketua Fraksi PDI-P DPRD Sulteng. Suryanto, SH, MH. [Foto: Ist]

PosRakyat – Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Sulteng H. Suryanto, SH, MH meminta kepada jajaran pemerintah daerah untuk melakukan penanganan Covid-19 lebih maksimal lagi, khususnya di kabupaten/kota.

“Segeralah memanfaatkan dana yang telah di recofusing untuk penanggulangan penyebaran Covid-19, baik dengan melakukan perawatan penderita Covid-19 di rumah sakit maupun warga yang melakukan isolasi mandiri (Isoman),” ujar Suryanto, Senin 9 Agustus 2021.

Suryanto mengatakan, penanganan Covid-19 di Sulteng tetap berpedoman pada Juknis dan perundang-undangan yang berlaku.

Ia juga menyerukan agar membantu tenaga kesehatan (Nakes) dengan membentuk relawan-relawan yang bisa meringankan beban Nakes yang selama ini menjadi tumpuan penanganan Covid-19 di Sulteng.

“Instruksikan Puskesmas Pembantu (Pustu) sebagai Garda Terdepan dalam penanganan Covid-19. Sehingga penderita Covid-19 yang ada di pedesaan tidak harus ke kota untuk mendapatkan perawatan, yang mengakibatkan membludaknya pasien di rumah sakit,” tegasnya.

“Lakukan pemantauan terhadap warga yang menjalani Isoman di pedesaan oleh Nakes dengan fasilitas obat-obatan yang memadai. Berikan isentif bagi nakes yang melakukan pemantaun di pedesaan,” sambungnya.

Ia menambahkan, Pemda dan Satgas Covid-19 melakukan kajian. Bila dipandang perlu lakukan Lockdown parsial di masing-masing desa atau kecamatan untuk menghambat lajunya penyebaran Covid-19.

Pemerintah daerah sebaiknya meminta dukungan materil kepada semua pihak, khususnya kepada investor yang melakukan operasionalnya di wilayah Provinsi Sulteng.

Ia juga meminta agar masyarakat mematuhi imbauan pemerintah sebagai upaya menghambat lajunya penyebaran Covid-19 di daerah ini yang kian memprihatinkan.

“Mari kita bantu pemerintah untuk menghambat penyebaran Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tutup Suryanto yang juga Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM DPD PDI-P Provinsi Sulteng ini. ***