Dihukum Tiga Grid, Marquez Jelaskan Kejadian Dengan Vinales

oleh -
Istimewa

POSRakyat.com – penjelasan Marc Marquez yang dianggap mengganggu Maverick Vinales di sesi kualifikasi Moto GP Austin 2018, yang berujung dikenai pinalti tiga grid.

Marquez menjadi yang tercepat di Q2 dengan waktu 2 menit 3.658 detik. Dan sebetulnya  meraih pole position di sesi kualifikasi, minggu 23 April 2018 dini hari WIB.

Tetapi  kemudian Marquez dikenai penalti tiga grid. Alasannya, pebalap Repsol Honda itu dianggap mengganggu jalannya kualifikasi untuk pebalap Yamaha, Vinales.

Pada suatu momen, terlihat adanya friksi antara Marquez dan Vinales di trek. Usai mengganti motornya karena terjatuh, Marquez dinilai sengaja melambat dan menghalangi Vinales–yang ketika itu sedang bagus catatan waktunya.

Vinales pun  membatalkan putarannya dan terlihat kesal kepada Marc Marquez. Insiden itu, kemudian diselidiki race director dan hasil Marquez dihukum penalti sehingga harus turun ke posisi empat. Vinales yang finis pada posisi kedua, naik menjadi pemimpin balapan.

Usai kualifikasi, Marquez menjelaskan soal kejadiannya dengan Vinales. Ia mengaku tidak tahu kalau di belakangnya adalah Vinales, dengan mengira kalau pebalap di belakangnya adalah Iannone.

“Saya lebih memperhatikan Iannone. Karena pebalap di belakang dapat meningkatkan banyak slipstream di sini dan Iannone paling cepat kemarin. Jadi saya melihat Iannone lebih dari siapa pun di belakang dan tidak mengira kalau itu Maverick,” kata Marquez dilansir Crash.

“Ketika saya mendengar mesin di belakang, saya pindah, tapi sepertinya saya mengganggu putaran lapnya. Race Direction mengatakan [hukumannya] adalah karena saya berada di racing line dan Iannone tidak berada di sana.”

“Tapi oke, saya hanya kehilangan empat meter di grid. Saya masih mendapat waktu lap tercepat dan penghargaan [pole],” tambah Marquez, yang berarti penalti membuatnya bakal start di depan Valentino Rossi di Circuit of the Americas, Senin (23/4) dini hari WIB.

Source : Detikcom

Editor : Zhoel

 

 

loading...