DPRD Palu Setuju Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas

oleh -
Ketua DPRD Kota Palu, Ikhsan Kalbi.

PALU, PosRakyat.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyepakati usulan bersama untuk memangkas anggaran perjalanan dinas. Rapat ini dipimpin Ketua DPRD Palu, Mohamad Ikhsan Kalbi dari Fraksi Gerindra di ruangnya, Kamis (2/4/2020).

Menurut Ikhsan, dalam ini semua fraksi di DPRD Palu menyepakati untuk melakukan relokasi anggaram perjalanan dinas guna membantu pencegahan penanganan Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Sulawesi Tengah, khususnya di Kota Palu sesuai Surat Edaran Gubernur Sulteng, Longki Djanggola.

“Dua kali perjalanan dewan dari 22 anggota. Tambah unsur 5 kali perjalanan dinas. Ini keputusan bersama semua fraksi saat rapat tadi,” ungkapnya.

Selain itu sebut Ikhsan, perjalanan dinas ke luar negeri tiga orang unsur pimpinan juga  dipangkas, sehingga jika ditotal maka anggaran tersebut berjulah Rp 1, 8 miliar.

Dalam rapat itu lanjut dia, semua fraksi juga membahas pemangkasan anggaran reses para anggota dewan serta usulan pemangkasan pembangunan fisik yang ada di DPRD Kota Palu. Dimana pembangunan fisik itu adalah rehab pembangunan gedung kantor DPRD Palu.

“Masih ada tambahan, soal rehab kantor dewan anggarannya Rp 3 miliar. Reses Rp 800 ratus juta,” katanya.

Namun demikian ujar Ikhsan, usulan itu dikonsultasi kepada Pemerintah Kota Palu melalui dinas terkait, tentunya kata dia sesuai dengan aturan perundang – undangan yang ada, sebab alokasi anggarannya sudah disepakati bersama sebelum adanya bencana non alam ini.

“Kita konsultasi dulu ke pihak pemerintah. Kalau disetujui maka akan dialokasikan semua ke pencegahan Covid – 19,” tandas Ikhsan Kalbi.

Ia menambahkan, jika kedua usulan itu disetujui oleh Pemkot Palu, maka tota anggaran yang dialokasikan untuk membantu pencegahan penyebaran Covid- 19 mencapai Rp 6 miliar. [BOB]