Dugaan Pungli di HUT Ampana Tete

oleh -
oleh

PosRakyat – Masyarakat soroti dugaan pungutan liar (pungli ) di momen pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 58 Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una-Una.

Pasalnya, kontribusi yang dibebankan pemerintah kecamatan Ampana Tete ke 20 desa dan kelurahan yang ada di wilayah tersebut dibebankan Rp 5 juta rupiah dengan alasan untuk sumbangan pelaksanaan kegiatan HUT Kecamatan Ampana Tete.

Saat dikonfirmasi Pihak Camat Ampana Tete, Asrin W Soga menyampaikan, sumbangan tersebut hanya merupakan partisipasi, dan pihaknya tidak mengetahui total anggaran pelaksanaan.

Baca Juga: Perdana, Pondok Ngata Baru Buka Cabang, Bupati Banggai Sumbang 1000 Sak Semen

Baca Juga: Bandung Jadi Tuan Rumah Kongres PWI ke XXV, Berikut Syarat Peserta dan Peninjau 

“Tanya sama panitia pelaksana kegiatan, kami tidak tahu karena terkait pelaksanaan ada panitia dan tanya langsung teman Kades,” ucap Asrin, Kamis kemarin.

Sementara, ketua panitia kegiatan HUT Ampana Tete, Nawir Ali sedikit pun tidak memberikan keterangan dan terkesan menutupi informasi pada publik.

Adapun informasi diterima media ini, dari 20 desa dan kelurahan di wilayah kecamatan Ampana Tete, ada 19 desa yang penyumbang dengan total uang terkumpul sebesar Rp 95 juta. Satu desa menolak dengan alasan tidak punya anggaran.

“Desa kami pak yang menolak memberikan sumbangan 5 juta itu, karena kami tidak tau harus ambil dari mana pos anggaran itu,” ucap Kades Uebone.