Gizi Buruk Coreng Nama Donggala

oleh -
Ananda Dion penderita Gizik Buruk di Donggala yang kini telah ditangani oleh RSUD Donggala. Foto: Ist

Donggala, Posrakyat.com – Kasus gizi buruk ditemukan di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Kali ini pada anak 15 tahun bernama Dion.

Dion sempat diasingkan di gubuk ukuran 2×3 meter persegi persis dekat kebun kelor milik penguasa Donggala, Kasman Lassa, di Kelurahan Ganti, Kecamatan Banawa.

Awalnya, ananda Dion diketahui melalui postingan mantan Anggota DPR Donggala, Namrud Mado di salah satu Grup Whatsapp Donggala.

Sejumlah warga yang prihatin mendatangi lokasi di Kelurahan Ganti KM 8 Banawa dan membagikannya di media sosial kemudian mengundang kemarahan Wakil Ketua Umum Nasdem, Ahmad M. Ali.

Keesokannya, atau pada 24 Juli 2020, Dion yang kini yatim piatu ini, dibawa ke RSUD Kabelota Donggala oleh Anggota DPRD Donggala Abdul Rasyid, pihak terkait dan sejumlah relawan peduli.

Setelah di RSUD Kabelota, bantuan pun mengalir ke Dion yang kini diurus oleh tante dan pamannya tersebut. Kulit Dion melepuh dan badannya menurun.

Dihubungi Posrakyat.com, Direktur RSUD Kabelota Donggala, Dr. Syahriar mengatakan jika penyakit yang dialami oleh Dion adalah gizi buruk.

“Ditangani oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. Selain mengalami gizi buruk, dia juga mengalami sakit Anemia + susp. PJB,” ujar Direktur (Senin, 27/7/2020).

Direktur menjelaskan, saat dibawa ke RS berat badan ananda Dion hanya 15 kg.

“Sekarang alhamdulilah ada perubahan. Sudah dapat terapi. HB sebelum transfusi 7,1 g/dl dan HB setelah transfusi alhamdulillah naik jadi 9,4 g/dl,” jelas Direktur.

Dion juga mendapat perhatian dari para pejabat, seperti Anggota DPRRI Ahmad Ali dan beberapa Anggota DPRD Donggala, serta mantan Anggota DPR Donggala Namrud Mado. (S.Wijaya)

loading...