Hati – Hati! Jalan Lingkar Palu Retak dan Rawan Longsor

oleh -
oleh
Perbaikan badan jalan di ruas jalan lingkar Palu, Kamis, 1 September 2022. Foto: PosRakyat.com

PosRakyat – Jalan lingkar kota Palu yang menghubungkan akses ke Huntap Tondo dan Talise rawan longsor dan amblas. Hal ini tampak terjadi retakan dan penurunan badan jalan serta retakan pada tebing sisi jalan tersebut.

Pantauan PosRakyat.com pada Kamis, 1 September 2022, dimana saat ini belum dilakukannya perbaikan pada retakan tebing jalan itu. Sedangkan untuk aspal jalan yang mengalami retakan dan penurunan timbunan badan jalan, terlihat sedang dilakukan upaya penanganan oleh pihak Satker PJN Wilayah III Sulteng selaku penanggung jawab proyek pembangunan jalan dan jembatan tersebut.

Kerusakan jalan itu lantas menimbulkan pertanyaan dari berbagai kalangan terkait mutu pembangunan jalan tersebut. Jalan yang dikerjakan PT. Marinda Utamakarya Subur dengan anggaran Rp88,3 miliar itu diketahui belum genap setahu selesai dikerjakan sudah rusak berat.

Menanggapi hal ini, ketua Forum Peduli Pembangunan Daerah Sulawesi Tengah (FPPD Sulteng), Eko Arianto kepada media ini meminta masyarakat agar berhati – hati saat melintas di ruas jalan lingkar kota Palu terlebih ketika musim penghujan seperti saat ini.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati – hati ketika melewati ruas jalan di belakang kantor Polda Sulteng, apa lagi saat ini kota Palu memasuki musim penghujan dimana bisa mempengaruhi tingkat kelabilan tanah yang bisa memicu terjadinya amblas dan longsor,” ujar Eko Arianto kepada PosRakyat.com, Kamis, 1 September 2022, malam.