IGI Dukung Langkah Kemendikbud Persilahkan Dana BOS untuk Beli Paket Internet Siswa dan Guru

oleh -
Ilustrasi

PosRakyat.com – Langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mempersilahkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dialihkan untuk membantu siswa dan guru mendapat apresiasi oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI). Hal ini dinilai bisa membantu mereka membeli paket internet pada masa pemebelajaran jarak jauh (PJJ).

“Solusi Mendikbud Nadiem Makarim ini seolah menjadi oase di tengah padang pasir,” kata Ketua Umum IGI, Jum’at (10/4/2020).

Menurut Ramli, siswa dan guru mulai kewalahan untuk membeli paket data. Terlebih kondisi ekonomi yang tidak stabil pada masa darurat virus corona.

“Kami melihat bertumbangannya satu per satu guru-guru kita yang tengah menjalankan proses kelas maya,” ungkapnya.
Kemendikbud dinilai bisa berhasil menciptakan stabilitas Pembelajaran Jarak jauh dengan subsidi dana BOS untuk pulsa. Sebab, tak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir di Indonesia.

Sementara, Mendikbud Nadiem Makarim menyebutkan, dana BOS dapat digunakan untuk membeli pulsa. Pulsa yang diberikan ini dimaksudkan untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh.

“Dana BOS, kami di Kementrian boleh digunakan untuk apa saja. Berarti kita sudah tambahkan itu untuk kuota internet buat guru dan muridnya,” kata Nadiem dalam konferensi video, Kamis 9 April 2020.

Lanjut Nadiem menambahkan, berkaitan dengan keputusan tersebut, alokasi anggaran itu diserahkan kepada kepala sekolah masing-masing. Termasuk bagaimana skema pemberian dan siswa mana yang berhak mendapat bantuan pulsa.

[Sumber : Medcom.id / Editor : ZF]

loading...