Implementasi Seni dalam Perfilman

oleh -
oleh
Ismi Hadriati (kanan) Pamong Budaya Ahli Muda Bidang Perfilman Musik dan Media Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek saat menyampaikan materi saat bimtek sumber daya manusia seniman Donggala. Foto: Jamrin AB

PosRakyat – Salah satu unsur dari amanah Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan yang utama, selain pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, adalah pembinaan.

Dalam hal ini merujuk juga pada program nasional sumber daya manusia unggul Indonesia Maju, maka sebagai upaya mewujudkan hal tersebut diadakanlah Bimbingan Teknis Sumber Daya Manusia Kesenian Tradisional Kabupaten Donggala dari Kec. Tanantovea, Labuan, Sindue, dan Sindue Tombusabora yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Donggala pada tanggal 20 s.d 22 Juni 2023 belum lama ini.

Baca Juga: Dugaan Penyalahgunaan Dana BOK, Selangkah Lagi Naik Ke Tahap Penyidikan

Baca Juga: Diduga Pengurangan Volume Saluran, PPK Bungkam

Yang menarik dari Bintek tersebut adalah dihadirkan materi tentang perfilman. Keselarasan materi ini terlihat ketika absensi seluruh peserta yang ternyata dari berbagai latar keahlian, tari, musik, sinematografi, teater, media, vokalis, dan lain lain.

Kegiatan ini dihadiri oleh 65 orang penggiat seni yang terdiri dari seni tari tradisional dan kreasi, seni musik tradisional dan modern, film, teater, dan sastra yang berasal dari empat kecamatan di Kabupaten Donggala.

Baca Juga: Hari Ini, Polres Tolitoli Tahan Tersangka Bansos BPNT

Baca Juga: Timbunan Urpil Bercampur Akar Kayu, PT AKAS dan BPJN Sulteng Acuh