ISIS Klaim Ledakan Bom Bunuh Diri di Yaman

oleh -
Istimewa

Aden, Posrakyat.com –Enam orang anggota sapratatis selatan terbunuh akibat bom bunuh diri yang menggunakan sepeda motor di Yaman,. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Jum’at (30/8/2019).

Seperti dilansir Detik dari laman Reuters, bom itu meledak di kota Aden. Pembom bunuh diri itu menyerang di lingkungan Dar Saad utara Aden.

Ledakan itu terjadi sehari setelah UEA meningkatkan serangan udara terhadap pasukan pemerintah di Yaman selatan. UAE mengatakan telah melakukan serangan tepat dan langsung pada hari Kamis pada apa yang disebutnya milisi teroris yang katanya telah menyerang pasukan koalisi pimpinan Saudi yang bertempur di bandara Aden.

Atas kejadian tersebut, Pemerintah Yaman mengutuk serangan yang dikatakannya telah membunuh dan melukai lebih dari 300 pasukannya dan sejumlah warga sipil. Bagian lain dari Aden sebagian besar sepi pada hari Jumat setelah pertempuran sengit terjadi.

Koalisi yang dipimpin Saudi disebut melakukan intervensi di Yaman pada Maret 2015 melawan Houthi, yang menggulingkan pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi dari kekuasaan di ibukota Sanaa.

Perpecahan telah menyebar dalam perang yang secara luas dilihat sebagai konflik proksi antara Arab Saudi dan saingan regional Iran.

“Meningkatnya kekerasan di Aden baru-baru ini merupakan indikasi yang jelas bahwa sekali lagi, kepentingan politik dan militer mengesampingkan kesejahteraan dan keselamatan rakyat Yaman,” kata Jason Lee, Penjabat Direktur Save the Children di Yaman dalam sebuah pernyataan.

 Editor : Zoel

loading...