Jalan Mulus, Warga Kabupaten Tolitoli Ucapkan Terimakasih Kepada Dinas PU-BMPR Sulteng

oleh -
Tampak di bagaian pegunungan kondisi jalan ruas Bilo - Tambun, (Batas Kota Tolitoli) Kab, Tolitoli, Sulteng, yang selesai dikerjakan akhir tahun 2019 lalu terlihat baik tak ada kerusakan. ( Dok/PosRakyat.com)

Tolitoli, PosRakyat.com – Peningkatan jalan ruas Bilo – Tambun (batas kota Tolitoli) Kabupaten Tolitoli yang di bangun oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang (PU-BMPR), Sulteng mendapat pujian dari masyarakat setempat. Pasalnya, jalan yang telah tampak indah dan membuat decak kagum setiap orang yang melintas di ruas tersebut, kini dirasakan sangat membantu aktifitas kegiatan masyarakat kahusunya warga setempat.

Tampak di pegunungan sebelum memasuki perkampungan kondisi jalan ruas Bilo – Tambun, (Batas Kota Tolitoli) Kab, Tolitoli, Sulteng, yang selesai dikerjakan akhir tahun 2019 lalu terlihat baik tak ada kerusakan, Minggu (29/3). ( Dok/PosRakyat.com)

Salah seorang warga Desa Bilo, Kecamatan Ogodeide, Buraira kepada PosRakyat.com Minggu, 29 Maret 2020, bahwa dengan kondisi jalan mulus yang terbentang kurang lebih puluhan kilometer dari Desanya itu menuju ke Kota Tolitoli nampak sangat baik. Kondisi jalan yang baik ini juga menurutnya sangat membantu meningkatkan perekonomian masayarakat setempat.

“Kami sangat bersyukur jalan disini sudah sangat bagus, kami berterimakasi kepada pemerintah khususnya Dinas PU-BMPR Sulteng yang telah bekerja dengan sangat baik sehingga kondisi jalan disini sudah sangat nyaman untuk dilalui kendaraan, dan penjulan hasil panen kami ke kota juga berjalan dengan lancar.” Ungkapnya.

Tampak di perkampungan kondisi jalan ruas Bilo – Tambun, (Batas Kota Tolitoli) Kab, Tolitoli, Sulteng, yang selesai dikerjakan akhir tahun 2019 lalu terlihat baik dan tak ada tanda kerusakan, Minggu (29/3). ( Dok/PosRakyat.com)

Ia melanjutkan, sebelumnya jalan ruas Bilo – Tambun ini tingkat kerusakannya sangat parah dan tak jarang masyarakat atau warga setempat sering mengalami kecelakaan akibat kondisi jalan yang sangat buruk itu.

“Dulu, sebelum jalan ini diperbaiki sering kali kita mendengar orang kecelakaan atau mengalami kerusakan pada kendarannya. Terlebih lagi bila mengangkut hasil pananen menggukan mobil untuk di bawa dan jual di kota yang sering kali mengalami kendala di jalan akaibat jalan  yang berlubang dan berbatu. Namun saat ini hal itu tidak lagi terjadi,” Kenang Buraira.

Sementra kata dia, meski kondisi jalan sudah mantap masyarakat tetap harus berhati-hati dalam berkendara dengan tidak memacu kendaraannya.

“Jangan karena jalan sudah bagus begini kita memacu kendaraan dengan sangat laju. itu berbahaya bagi kita sendiri begitupun orang lain,”pintanya.

Terpisah, yang juga warga desa Bilo, Tuty kepada media ini mengungkapkan bahwa, setelah dilakukannya peningkatan jalan Bilo – Tambun akses menuju kota Tolitoli sudah tidak memerlukan waktu lama seperti tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah kalau ke Kota Tolitoli sudah tidak butuh waktu lama, dimana dulunya waktu tempuh sekira satu jam lebih, dengan kondisi jalan kini hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit saja,” ungkap Tuty.

Selain itu, ia pun berharap semoga perhatian pemerintah terhadap infrastruktur jalan di ruas tersebut akan terus ditingkatkan lagi termasuk kata dia peningkatan jalan-jalan lingkungan yang ada di Kecamatan Ogodeide, Kabupaten Tolitoli, Sulteng.

Tampak di pegunungan kondisi jalan ruas Bilo – Tambun, (Batas Kota Tolitoli) Kab, Tolitoli, Sulteng, yang selesai dikerjakan akhir tahun 2019 lalu terlihat baik tak ada kerusakan. Minggu, (29/3). ( Dok/PosRakyat.com)

Diketahui peningkatan jalan ruas Bilo – Tambun (Batas Kota Tolitoli) Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah dengan menggunakan anggaran APBD tahun 2019 lalu, yang membentang kurang lebih 10 kilometer itu dengan kontrak senilai Rp.Rp 26.149.511.000,00 di kerjakan oleh PT Wahana Cipta Lestari beralamat di jalan Usman Binol, No.58, Kota Tolitoli, Sulteng.

Selanjutnya, pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas PU-BMPR di tahun 2020 kembali menggarkan peningkatan jalan tersebut kurang lebih 9 kilometer untuk melanjutkan peningkatan jalan sebelumnhya pada tahun 2019 lalu.

“Proyek lanjutan itu dikerjakan oleh PT Surya Lima Perkasa dengan anggaran sekira 22 miliar.” Kata Kabid Jalan dan Jembatan PU-BMPR Provinsi Sulteng, Asbudianto, ST. M.Si pada PosRakyat.com, Minggu, (29/3) Sore.  (*ZF)

Tampak di bagaian pegunungan kondisi jalan ruas Bilo – Tambun, (Batas Kota Tolitoli) Kab, Tolitoli, Sulteng, yang selesai dikerjakan akhir tahun 2019 lalu terlihat baik tak ada kerusakan. ( Dok/PosRakyat.com) 

Penulis : ZF

 

loading...