Jambi di Kepung Asap Merah, Dampak Karhutla, Siang Mirip Malam!

oleh -48 views
Foto: Istimewa

Muara Jambi – Kabut asap pekat warna merah selimuti Kabupaten Muara Jambi dan sekitarnya di Provinsi Jambi. Peristiwa langkah ini terjadi Sabtu siang sejak pukul 09.00 Wita 21 September 2019.

“Sejak malam Muara Jambi diselimuti asap dampak kebakaran hutan yang terjadi,” kata Mimey warga Muara Jambi dihubungi dari Palu Minggu (21/9/2019).

Senada dengan Yanto warga Desa Tangkit Lama, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muara Jambi, asap terjadi sejak Jumat malam hingga Sabtu sore.

“Kami panik tiba tiba langit Muara Jambi sampai ke Kota Jambi merah, tapi kalau di Kota Jambi sudah menguning,” kata Yanto melalu sambungan telepon.

Kabupaten Muara Jambi sendiri wilayahnnya berada di bagian barat, timur selatan utara dari Kota Jambi atau kurang lebih mirip Palu dan Donggala.

“Sehingga Kota Jambi juga terdampak kabut asap,” ucap Yanto.

Aparat gabungan TNI, Polri BNPB dan pihak lain terus berupaya melakukan pemadaman api agar tidak meluas ke Kota Jambi, kabupaten tetanggan seperti, Tebo, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Muaro Bungo, Provinsi Jambi.

Minggu dini hari situasi di Muara Jambi masih diselimuti kabut asap tebal, meski warnanya sudah agak berubah dari sebelumnya. Asap yang terjadi di Jambi sudah terjadi sejak sebulan lalu.

Sementara itu Anggota DPRD Tebo Jumawarzi dihubungi melalui pesan WhatsApp membenarkan kejadian tersebut, Politisi Gerindra ini mengatakan peristiwa itu membuat warga Tebo panik.

“Iya benar, pihak terkait sudah melakukan antisipasi, ini dampak kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Muara Jambi. Beberapa wilayah kena imbas,” ujar Jumawarzi.

Reporter: Situr Wijaya

Tonton Juga Videonya :

 

 

loading...