Kades Bajugan Turut Ambil Bagian Kerja Bakti di Lokasi TMMD ke 103

oleh -
Kades Bajugan ikut serta kerja bakti di lokasi TMMD. (Foto Sahar)

Toli-Toli, Posrakyat.com – Prajurit TNI dan warga di Desa Bajugan  Kecamatan Galang selalu bekerja bersama, mulai makan hingga bercanda layaknya sebuah keluarga. Hal tersebut merupakan cerminan kemanunggalan TNI dengan rakyat di dalam kegiatan TMMD yang ke 103.Kodim 1305/BT  ( Buol – Tolitoli )  di lokasi pengerjaan.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 103  tahun 2018 di Desa Bajugan bukan saja tentang kontribusi TNI dan warga di dalam membangun infrastruktur untuk kemajuan desa. Namun di balik itu, ada nilai kebersamaan antara TNI dan warga, ada jalinan silaturahmi yang memperkuat keberadaan TNI tak bisa dipisahkan dengan rakyat.

Selama kegiatan TMMD berlangsung, anggota Satuan Tugas terkadang pengerjaan hingga malam hari, dari situ, TNI dan rakyat semakin erat hubungan emosionalnya.

“Prajurit TNI bukan saja bekerja membangun Infrastruktur, namun mereka juga wajib untuk menjalin kekeluargaan warga saat di lokasi pekerjaan TMMD,” ungkap Dan – SSK.  Kapt, Arm Lukman. kamis ( 25/10/2018).

Sementara itu, Kepala Desa Bajugan Suriyanto  mengungkapkan, bahwa memang selama ini antara warganya bersama TNI dalam pelaksanaan TMMD 2018 di desanya, selalu terlihat kompak dan bersinergi bersama, mulai dari pagi hingga terkadang sampai malam.

Alhamdulillah, selama TMMD di desa kami yaitu Tambakan, setiap hari antara warga kami dan TNI selalu terlihat kompak, rasa gotong royongnya sangat terlihat jelas dan semua berbaur menjadi satu untuk menyelesaikan pekerjaan, tanpa dikomando warga juga sangat antusias dalam bekerja,” jelas kades.

Di sela-sela sambil ikut membantu warga, Kepala Desa Bajugan  Suriyanto menambahkan, bahwa menurutnya

”  Kegiatan TMMD juga bagian dari implementasi kemanunggalan TNI bersama masyarakat, karena itu, dengan turunya TNI ke desa-desa dan dusun untuk ikut serta memajukan Indonesia dari wilayah pedesaan.

Seluruh personel yang terlibat dalam TMMD terkadang sampai malam, ada yang tidur di rumah warga, termasuk logistik yang memasak dilakukan oleh masyarakat dengan sukarela dan ikhlas, dan itu semua sebagai bentuk kebersamaan masyarakat dan ada juga masyarakat mengatakan senang bisa membantu TNI, apalagi saat momen makan bersama, bisa berbaur penuh kekeluargaan,” tambah Kades.

Dari pantauan.Pos Rakyat. Com di beberapa lokasi TMMD, selama ini memang kebersamaan TNI dan warga begitu kental dan tidak ada penghalang antara seorang Aparat Negara dengan masyarakatnya.

Penulis; M. Yusuf (Sahar)

loading...