Kapolsek Lampasio Hadiri Kegiatan Program Inovasi Desa 2019

oleh -
Kapolsek Lampasio, Ipda H.Siswanto, S.H (kedua dari kanan) saat menghadiri kegiatan Program Inovasi Desa 2019 yang dilaksanakan di aula kantor desa Lampasio, Tolitoli Kamis (25/7/2019). (Foto: SN)

Tolitoli, Posrakyat.com–Kapolsek Lampasio Ipda H.Siswanto, S.H., menghadiri kegiatan Program Inovasi Desa 2019 Klaster 3 di Aula Kantor Desa Lampasio Kec. Lampasio Kab. Tolitoli, (Kamis,25/07/19).

Dalam kegiatan tersebut Mengusung Tema ” Dengan Bursa Inovasi Desa Kita Tingkatkan Kualitas perencanaan dan pemanfaatan Dana Desa menuju Kemandirian Desa “.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Tolitoli di wakili oleh Asisten Administrasi Umum Bpk. Ir. Hardian sekaligus membuka kegiatan tersebut, Kepala Dinas PMD Kab.Tolitoli Bpk. Zikron, SH, MH, Camat Baolan, Camat Ogodeide, Camat Lampasio, Kapolsek Baolan Iptu Armi C, Kapolsek Ogodeide Ipda Agustinus Ruru, Batibung Lampasio Serma IMade Mustika, Para Kades Se-Kec. Lampasio, Baolan dan Ogodeide, Sekdes, BPD, Ka UPT, Tenaga pendamping, Tomas, Tiga Todat, dan segenap undangan sekitar 50 org.

Bursa Inovasi Desa 2019 Klaster 3 yg dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Inovasi desa di tiga Kecamatan yaitu Lampasio, Baolan dan Ogodeide merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan Agenda Nawa Cita dalam RPJMN 2015-2019, yang bertujuan untuk membantu desa dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yg akan didanai oleh Dana Desa.

Adapun Bidang Bursa yang dikembangkan di 3(tiga) Kecamatan yakni :
1.Bidang infrastruktur
2.Bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokak
3.Bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Tujuan dari kegiatan tersebut yakni Mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) secara umum, serta Program Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa secara khusus menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.

Kapolsek Lampasio berharap dengan adanya Bursa Inovasi Desa ini setiap desa-desa yang ikut serta dapat menggunakan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, agar tidak terjadi tindakan pelanggaran hukum yang nantinya akan berakibat kerugian besar terhadap langkah-langkah pembangunan desa.

“ Kegiatan tersebut bermaksud untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif, kita harapkan bersama agar desa-desa dapat memanfaatkan serta menggunakan dana desa dengan bijak dan sesuai prosedurnya,” Pungkasnya.

Penulis : SN

loading...