Kualitas Pekerjaan Saluran di Jalan Danau Talaga Disoal

oleh -
oleh
Terlihat dinding saluran di jalan Danau Talaga miring dan terancam ambruk. Foto: ©PosRakyat.com

PosRakyat – Sejumlah pihak mempertanyakan kualitas mutu pembangunan saluran drainase di jalan Danau Talaga, Kelurahan Nunu, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu. Pasalnya, dinding saluran tersebut saat ini sudah mengalami kemiringan dan terancam ambruk.

Baca Juga: Diduga Dikerja Asal, Proyek Saluran 2,7 Miliar di Kota Palu Terancam Ambruk

Salah seorang pemerhati kontruksi di kota Palu yang tidak ingin disebutkan namanya oleh media ini mengatakan, bahwa miringnya dinding saluran tersebut diduga karena tidak kuatnya dinding menahan desakan tanah. Menurut dia, hal ini patut dipertanyakan kualitas bangunannya, apakah sudah sesuai spek atau tidak.

Baca Juga: Diduga Tulangan Lantai Saluran di Jalan Lombok Tak Diselimuti Beton, Begini Kata Kabid Cipta Karya dan SDA PU Kota Palu

“Dinding saluran tidak kuat menahan desakan tanah timbunan disamping dinding sehingga miring. Memang jika diperhatikan metode pengerjaan saluran itu terlihat tidak ada siku penahan, sehingga jika mendapat tekanan dari samping dindingnya bisa kebanting,” jelasnya pada PosRakyat.com, Kamis 24 Maret 2022.

Sementara, warga sekitar yang tidak jauh dari lokasi saluran yang terancam ambruk itu mengungkapkan pada media ini bahwa kronologi miringnya saluran itu yang mana disebabkan oleh luapan air hujan yang menggerus timbunan disamping saluran tersebut.