Nelayan di Tolitoli Dapat Bantuan Kapal Penangkap Ikan

oleh -
Bantuan hibah kapal penangkap ikan untuk nelayan Tolitoli. Foto: Ist

PosRakyat – Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya menyerahkan bantuan hibah berupa 8 unit kapal fiber penangkap ikan dan peralatannya kepada para kelompok nelayan di Tolitoli.

Penyerahan bantuan itu di serahkan langsung oleh Bupati di dermaga pelabuhan Haji Hayyun, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Senin 12 Juli 2021.

Kapal fiber penangkap ikan yang di anggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020 melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tolitoli berkekuatan 3 Gross Tonnage (GT) dengan mesin tempel 15 Paard Kracht (PK) serta dilengkapi dengan peralatan labuh dan tambat, alat keselamatan dan navigasi serta kelengkapan lainnya seperti senar pancing, kelos senar, mata kail, alat pancing longline.

Bupati Tolitoli, Amran Hi Yahya saat menyerahkan bantuan kapal fiber kepada sejumlah penerima kelompok nelayan mengatakan bantuan hibah kapal penangkap ikan merupakan bentuk kepedulian Pemda Tolitoli untuk meningkatkan kesejahteraan dan hasil perikanan tangkap nelayan.

” Kapal ini di kami serahkan sebagai bentuk kepedulian Pemda untuk meningkatkan kesejahteraan dan hasil perikanan tangkap nelayan,” kata Bupati.

disaksikan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tolitoli Ir. Gusman, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tolitoli Herry O. Mendur. S.STP dan Assisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan dan Kesra Anhar Dg.Mallawa, SE.

Bupati juga merasa bersyukur kepada pemerintah pusat yang telah memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan sehingga kapal penangkap ikan dapat diberikan untuk membantu kelompok-kelompok nelayan yang ada di daerah ini.

Bantuan kapal penangkap ikan lanjut Bupati adalah hibah dari pemerintah ke kelompok nelayan yang artinya kapal penangkap ikan secara resmi menjadi milik kelompok nelayan yang harus dimanfaatkan dan harus dapat meningkatkan pendapatan nelayan.

Untuk itu, Bupati Amran Hi. Yahya berharap seluruh nelayan menjadi lebih berkualitas dan memiliki daya saing dalam peningkatan sumber daya manusia untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya perikanan yang ada di Kabupaten Tolitoli.

Bupati juga mengingatkan kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan kapal agar dapat menjaga dan mempertanggungjawabkan kapal yang telah diterima dengan sebaik-baiknya.

“Kapal ini harus dijaga dan dirawat dengan baik, bila ada kerusakan segera diperbaiki dan jangan lupa kewajiban kelompok untuk memberikan laporan data produksi hasil tangkapan setiap bulannya”, bukan berarti nanti juga ketua kelompok yang boleh sesuka hati untuk menggunakan kapal itu pinta Bupati sembari berharap semoga bantuan ini dapat meningkatkan hasil tangkapan dan juga dapat meningkatkan pendapatan nelayan.

Sekedar diketahui pengadaan kapal fiber penangkap ikan ini di buat oleh perusahaan yang memiliki galangan kapal di kabupaten Buol.

Penulis : Rey