Pasien PDP Asal Buol yang Dirawat di RSUD Mokopido Tolitoli Positif Covid-19

oleh -
Tim satuan Gugus Penanganan Covid -19 Kabupaten Tolitoli, menggelar jumpa pers terkait hasil swab PDP asal Buol, Sabtu (11/4/2020). [Ist]

Tolitoli, PosRakyat.com – Tim satuan Gugus Penanganan Covid -19 Kabupaten Tolitoli, mengumumkan seorang warga Kabupaten Buol Sulawesi Tengah yang berstatus PDP 02, dinyatakan positif terjangkit virus Coronavirus Disease (Covid-19) atau virus Corona.

“Sesuai hasil Swab yang kami terima dari Balai Laboratorium Kesehatan Makasar, pasien PDP 02 asal Buol dinyatakan positif,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli, Bakri Idrus Apt, seperti dilansir JurnalNews Jejaring PosRakyat.com, Sabtu (11/4/2020).

Bakri menuturkan, dari penelusuran terhadap pasien PDP 02 ini sebelumnya mempunyai riwayat perjalanan ke Makasar, Sulawesi Selatan. PDP 02 berprofesi sebagai sopir, sehingga sangat rentan positif terpapar virus asal wuhan tersebut.

Disebutkan, PDP 02 ini merupakan pasien kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Sementara penanganan dari Pemerintah Kabupaten Buol sendiri sudah dilaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari.

Lanjut Bakri, pada 10 April 2020 Pukul 00.00 Wita, jumlah yang di screning mencapai 7.760 orang, yang di lakukan pemantau sebanyak 214 orang, selesai pemantau sejumlah 148 orang, ODP sebanyak 13 orang dan selesai ODP 5 orang.

“Untuk kondisi pasien saat ini masih stabil, dan tetap berada di ruang isolasi RSU Mokopido Tolitoli dan dipantau secara ketat oleh tim medis setempat,” tukasnya.

Direktur RSUD Mokopido dr.Daniel menjelaskan, PDP 02 yang telah dirawat selama 5 hari, pihaknya juga masih menunggu hasil Swab kedua, sehingga diharapkan hasilnya dapat diperoleh dalam waktu dekat ini.

Menurutnya, alasan belum dipulangkan PDP 02 tersebut, karena Pemkab Buol belum menyiapkan ruang isolasi, sehingga penundaan tersebut terpaksa dibatalkan sementara.

“Kami juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Dinkes dan Rumah Sakit terkait proses pemulangannya ke Kabupaten Buol,” tuturnya. [*]

loading...