Penyakit Komorbid Menjadi Penyebab Kematian di Jawa Timur

oleh -
Ilustrasi

Posrakyat.com – Angka kematian akibat virus corona terus meningkat. Salah satu provinsi dengan angka kematian yang tinggi adalah Jawa Timur.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, mengatakan bahwa penyakit komorbid adalah salah satu faktor penyebab kematian tertinggi di Jawa Timur.

“Angka kematian di Jatim tinggi sekali, bukan hanya tinggi. Bukan hanya [kasus] positif, tapi kematian. Yang kami khawatirkan banyak pasien komorbid,” katanya melalui konferensi video, Sabtu (27/6).

Dilansir CNN Indonesia, pemerintah daerah Jawa Timur telah mengumpulkan data penduduknya dari BPJS Kesehatan yang memiliki riwayat penyakit komorbid. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona dengan memonitor keadaan warga tersebut.

Tersisa satu kabupaten atau kota yang belum menyetor data jejak kesehatan dari BPJS.

“Dari seluruh kabupaten kota, tinggal satu [kabupaten/kota] yang belum tanda tangan [kerja sama dengan BPJS terkait data ini]. Dan ini PR kita karena di daerah itu justru angkanya tinggi,” ungkapnya.

Data terkini menunjukkan Jatim memegang posisi tertinggi untuk kasus corona di Indonesia dengan angka 10.901 kasus. Angka ini lebih besar dari pusat episentrum corona di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, dengan 10.796.

Editor : RE

loading...