Pertama di Sulteng, SMP 4 dan SMP 16 Kota Palu Akan Gunakan Metode SIP Online

oleh -
Sosialisasi metode bimbingan belajar sistem daring untuk memunjang terlaksananya Sistem Informasi Pendidikan (SIP) Online. [Ist]

Palu, Posrakyat.com- Untuk menunjang era 4.0 dengan digitalisasi di sekolah serta menjawab tingginya minat siswa-siswi dalam mendapatkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah dan semakin berkembangnya teknologi, dua sekolah menegah pertama ( SMP) di Kota Palu yakni SMP 4 dan SMP 16 melakukan terobosan baru dengan menggunakan motode jenis bimbingan belajar baru dengan sistem daring atau Sistem Informasi Pendidikan (SIP) online.

Program pendidikan online yang merupakan kerja sama antara Kementerian Pendidikan Nasional ( Kemendiknas) dan PT Proyek Enam Media salah satu solusi bagi guru, siswa dan orang tua siswa.

Team Leader Implementasi SIP Online Kota Palu Muslim Kamil menuturkan dengan bimbingan SIP online akan memudahkan para siswa dan orang tua.

“SIP Online merupakan platform edukasi berbasis web. Platform ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang tersedia pada sistem operasi Android. SIP online memiliki berbagai macam fitur penunjang terkait masalah pendidikan, seperti, Absensi, Nilai, Perpustakaan, Jadwal Pelajaran, Kelender Akademik. Pengumuman Sekolah, Ebook ( Buku
Digital), Vidio Pendidikan, Paket Latihan Soal Komik Pendidikan.

” Jadi ada 10 fitur. Bahkan untuk fitur Perpustakaan disediakan 25 ribu jenis buku,” kata Muslim Kamil kepada Pariwaraku.com, Selasa (28/1/2020).

SIP Online juga katanya, memiliki fitur menu paket soal. Siswa bisa belajar layaknya di kelas bimbel melaui fitur ini. Paket soal yang diberikan mulai dari mata pelajaran SD, SMP sampai SMA dan SMK. Siswa bisa berlatih mengerjakan soal dengan menggunakan batas waktu layaknya mengikuti ujian sebenarnya.

Platform milik PT Proyek Enam Media ini juga dilengkapi dengan fitur Video Pendidikan. Pada fitur ini, siswa bisa memahami soal-soal yang dipandu langsung oleh pengajar berpengalaman dalam bentuk video. Sehingga siswa akan merasakan suasana belajar mengajar seperti di dalam kelas sekolah.

Melalui SIP Online siswa juga bisa mempelajari setiap mata pelajaran melalui buku pelajaran online. Buku tersebut dapat diunduh melalui fitur Menu Kurikulum 2006 dan Menu Kurikulum 2013. Setiap harinya, SIP Online selalu mengupdate buku online terbaru yang bisa diunduh pengguna.

“Sehingga pelajar pun bisa memiliki berbagai macam buku yang bisa disimpan dengan mudah hanya di dalam satu ponsel pintar,” tambah Muslim

Selain itu, siswa juga bisa memahami pelajaran dengan cara yang lebih menarik dengan mengunduh komik pendidikan. Sama seperti buku pelajaran online tadi. Komik pendidikan dapat diunduh secara gratis dan selalu tersedia komik pendidikan terbaru yang bisa diunduh setiap harinya.

” Untuk wilayah Sulawesi Tengah, PT Proyek Enam Media telah membangun Memorandum Of Understanding ( MoU) dengan PT Kaili Global Mandiri Pimpinan Anjas Lamatata. Saat ini baru SMPN 4 dan SMPN 16 yang siap menggunakan, ” tutur Muslimin.

Sementara Kepala Sekoah SMPN 4 Kota Palu Alberts Royke Pandean yang dikonfirmasi, sangat merespon dengan metode SIP Online ini. Karena dengan SIP Online akan sangat bermanfaat bagi guru siswa dan orang tua siswa.

Royke menegaskan, dengan SIP Online, akan sangat besar manfaatnya bagi semua pihak. Dimana orang tua siswa dengan mudah menerima dan mengetahui informasi kehadiran dan 0
nilai anaknya. Tidak hanya itu SIP Online juga akan menjadi media komunikasi yang tepat dan cepat antara sekolah dan orang tua siswa dalam rangka penguatan atas tindakan dan program pembelajaran.

” SIP Online juga akan meningkatkan transparansi informasi akademik sekolah, sebagai salah satu sarana promosi yang dapat meningkatkan prestise sekolah,” pungkasnya.

Penulis : Agus Manggona

loading...