Polisi Lumpuhkan Spesialis Bongkar Rumah di Palu

oleh -
Tiga orang terduga jaringan spesialis bongkar rumah di Kota Palu yang berhasil di amankan Polsek Palu Timur. Foto Istimewa Via humas.polri.go.id

Palu, PosRakyat.com-Kepolisian Sektor (Polsek) Palu Timur berhasil mengamankan 3 orang terduga jaringan spesialis bongkar rumah di Kota Palu. Ketiga tersangka itu berinisial HB (31), ES (30), dan MT.

Dua dari ketiganya harus dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melawan saat ditangkap.

Kapolres Palu AKBP H.Moch Sholeh , SIK.SH. MH melalui Kapolsek Palu Timur AKP La ata, SH mengatakan, pihaknya melakukan pengungkapan kasus pencurian, yang bermula saat razia operasi pekat Tinombala 2020 di Jalan RE Martadinata Palu pada Sabtu (25/4/2020) malam.

Saat razia, pihaknya menemukan HB mengendarai sepeda motor dengan tidak memiliki surat-surat kendaraan.

Saat digeledah, ditemukan juga sebilah badik, kunci L, obeng dan linggis kecil yang sudah dimodifikasi sebagai alat untuk melakukan pencurian serta uang tunai Rp 871.000.

“Dari hasil interogasi HB menjelaskan telah melakukan pencurian barang elektronik di wilayah hukum Polsek Palu Timur. Adapun barang sesuai pengakuan lelaki HB bahwa dia melakukan pencucian di wilayah hukum Polsek Palu Timur yaitu bersama ES, dan hasil curian diserahkan pada MT, ” jelas La ata,SH saat dihubungi, Senin (27/4/2020) pagi.

Mendapat informasi itu kata La ata, pihaknya melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan MT sebagai penadah barang curian. MT diamankan polisi di Kelurahan Poboya.

Besoknya, Minggu (26/4/2020), polisI kembali menangkap tersangka ES di rumahnya di Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli.

Saat dilakukan pendalaman lebih lanjut, HB mengaku telah melakukan pencurian di Jalan Raja Moili, Kota Palu bersama rekannya ES, dan berhasil mencuri 3 unit hp beserta uang tunai sejumlah Rp14.000.000, dan beberapa tempat lainya di wilayah Kota Lalu.

Penadah MT juga mengakui bahwa telah beberapa kali melakukan penjualan barang hasil curian oleh HB dan ES.

Adapun barang bukti di lapangan yang berhasil disita yaitu 1 unit sepeda motor ,1 pisau badik,1 kunci Leter T, 2 linggis kecil yang sudah dimodifikasi, 2 obeng plat, 15 buah handphone berbagai merek dan 1 unit kamera. [*]

Sumber: Humas Polri

loading...