Ponpes Amanah Putra Siap Jaga Kamtibmas di Poso

oleh -
Imam Safi'i bersama santri Ponpes Islam Amanah Putra Kabupaten Poso. (Istimewa)

PosRakyat – Pondok Pesantren (Ponpes) Islam Amanah Putra Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) siap bersinergi dengan aparat TNI-Polri demi menjaga situasi Kamtibmas di wilayah itu.

Pengurus Ponpes Islam Amanah Putra, Imam Safi’i akan mendukung program pemeliharaan Kamtibmas, khususnya Polres Poso agar situasi terus kondusif.

“Kami siap bersinergi dengan pihak Kepolisian untuk menjaga kamtibmas dalam rangka Harkamtibmas,” kata Imam Safi’i, Sabtu 21 Mei 2022.

Menurut Imam, menjaga situasi keamanan di suatu wilayah tidak bisa hanya dibebankan kepada aparat Polri atau TNI, tetapi butuh kerjasama semua elemen masyarakat.

Apalagi kata Imam, dalam situasi seperti sekarang sangat rentan adanya provokasi-provokasi dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang bisa membuat situasi tidak kondusif.

Karena itu, perlu menjaga komunikasi agar segala hal yang dapat menganggu kamtibmas dapat segera diatasi.

“Yang paling penting adalah menjaga komunikasi harus selalu terbangun. Karena dengan komunikasi yang baik, kita dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

“Dengan komunikasi yang baik, maka sinergi dapat terjalin dengan aparat keamanan TNI/Polri dalam menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif, khususnya di wilayah Kabupaten Poso,” harapnya.

Selain itu, Imam juga mengimbau kepada masyarakat khusunya di wilayah Kabupaten Poso agar tidak mudah mudah terpancing oleh isu yang bersifat provokatif dan bernuansa SARA.

“Mari kita rawat bersama kerukunan yang sudah terjaga selama ini, dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,” imbaunya.

“Sebagai lembaga pendidikan yang bergerak dalam bidang keagamaan, Ponpes Islam Amanah Putra siap mencetak generasi penerus bangsa, dengan menanamkan sikap selalu cinta terhadap tanah airnya,” tegasnya. ***

(Thio Jum)