Prime Coats Kurang, Proyek Jalan Saloya – Ape Langgar Aturan

oleh -
Proses pekerjaan jalan Saloya - Ape, kecamatan Sindue, kabupaten Donggala. (Zoel)

Donggala, Posrakyat.com – Proyek peningkatan struktur jalan Masaingi – Saloya – Ape, kecamatan Sindue, kabupaten Donggala, tahun anggaran  2018, terlihat kualitas pekerjaan sangat buruk. Hal ini diduga  pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai petunjuk teknis (juknis) dan  petunjuk pelaksanaan (juklak).

Pemerhati konstruksi, Antoni mengatakan, kualitas pekerjaan tersebut sangat buruk. Sehingga kerusakan tak terhindarkan karena beberapa titik bagian jalan dengan mudahnya terkelupas dan ketebalan yang tidak sesuai standar pada umumnya.

“Bagaimana bisa tahan kalau lapis resapan pengikat (Prime coats) kurang, ini jelas melanggar aturan. Harusnya pihak dinas PU Donggala menegur dari awal sehingga hal seperti ini tidak terjadi,” katanya.

“Melihat kondisi lapangan, ada kesan lemahnya fungsi pengawasan oleh pihak Dinas PU, sehingga kondisi jalan dikerja asal jadi,” sambung Antoni.

Kerusakan pekerjaan tersebut selain diduga disebapkan karena kurangnya kualitas juga diakibatkan oleh bencana alam pada 28 September 2018, lalu.

Namun, beberapa warga sekitar  kepada Posrakyat.com mengatakan, kerusakan jalan itu, sebelum terjadi gempa bumi disebagian titik sudah ada yang rusak.

“Kami warga Saloya sangat prihatin dengan kualitas pekerjaan ini, karena belum lama dikerjakan sudah mengalami kerusakan. Memang ada beberapa titik yang rusak disebabkan gempa bumi beberapa bulan lalu, namun sebelum itu, dibeberapa titik juga sudah ada yang rusak. Kami warga disini menduga pekerjaan tersebut rusak akibat kurangnya kualitas pekerjaan”. Tutur salah seorang warga Saloya yang menginginkan agar namanya tidak di publish. Kamis, 10 Januari 2019.

Diketahui, Proyek yang dikerjakan oleh PT. Graha Keyong, yang menggunakan anggaran APBD Donggala T.A 2018, dengan nilai kontrak Rp. 9.925.000.000, dikendalikan oleh  seorang bernama Frengky asal kota Palu. Namun saat dikonfirmasi soal pekerjaan tersebut, hingga berita ini tayang belum ada tanggapan dan terkesan menghindar.

Selain itu, kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Syafrullah, yang juga dihubungi oleh Posrakyat.com melalui nomor pribadinya tak juga memberikan tanggapan.

Penulis: Zhoel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

loading...