Proyek 1,4 M di Tinauka Tak Dikerja, Uang Muka Udah di Bayar?

oleh -527 views
Foto: Istimewa

Donggala, Posrakyat.com – Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah diminta monitoring sejumlah proyek di Rio Pakava, salah satunya proyek jalan di SP II Desa Tinauka, senilai Rp1,4 Miliar. Pasalnya diduga uang muka sudah cair sekitar sebulan lalu namun sampai saat ini proyek tak kunjung dikerjakan.

Sebagai daerah mayoritas warganya bertani, tentu jalan harus diperhatikan, apa lagi jika bicara soal anggaran yang sudah dibayarkan ke rekanan.

“Kami minta TP4D untuk bekerja, monitoring ke lokasi soal masalah ini agar tak ada spekulasi lain mengenai hambatan proyek Rp1,4 miliar,” kata Mohamad Fariz salah satu tokoh Pemuda di Rio Pakava Jumat (20/2/2019)

Ia mengatakan, jalan yang seharusnya sudah hampir rampung jelang akhir tahun, namun fakta di lapangan jauh dari harapan warga.

“Ini kan jalan dibangun tujuannya untuk memudahkan memasarkan hasil pertanian, juga memudahkan akses,” tambah Fariz.

Jalan yang dianggarkan melalui APBD Donggala tahun 2019 itu panjang sekitar 1,700 meter.

Foto: Istimewa

Dikatakan Fariz, seharusnya pekrjaan pengaspalan sudah dilakukan karena Pemda telah mengucurkan dana cukup besar. Tapi pihak rekanan yang memenangkan tender pekerjaan itu masih berleha-leha memakai uang muka tersebut.

Fariz juga, meminta penegak hukum yang ada di wilayah hukum Rio Pakava memantau pekerjaan itu agar menindaklanjuti atau penanganan awal serta menyampaikan ke Dinas agar rekanan tersebut di berikan warning.

“Di Rio Pakava ini ada beberapa pekerjaan, salah satunya jalan di SP II di Tinauka itu, sudah dianggarkan Rp1,4 Miliar, infonya dana uang muka pekrjaan sudah cair sebulan lalu tapi sampai sekarang belum dikerja,” kata dia.

Ia bersama masyarakat lain menunggu sampai pekerjaan berjalan, meski tak pasti kapan akan dimulai.

“Ya cuma bisa menunggu saja, semoga jika ada kendala cepat dilancarkan itu saja,” tegas Agus.

Ketika ditanya dia mengaku tidak tahu pasti siapa yang mengerjalan jalan di Tinauka, tetapi ia mendapat informasi bahawa yang mengerjakan adalah rekanan atau kontraktor beralamat di Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Banawa, Donggala inisial DB alias U.

Reporter: Tim

loading...