Proyek Pelabuhan di Donggala Libatkan 80 Persen Tenaga Kerja Lokal, Berikut Penjelasan PT Wika

oleh -
Tenaga kerja lokal yang dilibatkan di proyek rehabilitasi pelabuhan di desa Wani. Foto: Ist

PosRakyat –  Humas PT Wijaya Karya (Persero) Tbk akhirnya mengumumkan jumlah tenaga kerja lokal pada proyek rehabilitasi pelabuhan Donggala dan pelabuhan desa Wani, kecamatan Tanantovea.

Menanggapi pemberitaan sebelumnya, Humas PT Wijaya Karya (Wika) melalui keterangan tertulisnya kepada media ini, Minggu, 19 Juni 2022, menyebutkan bahwa tenaga kerja lokal yang di rekrut saat ini sekira 80 persen.

“Tenaga kerja kita mayoritas lokal, itu sudah menjadi komitmen kami sesuai aturan yang ada. Sedangkan tenaga dari Jawa hanya ada beberapa tim ahli saja dan anggotanya, itupun tidak banyak sekitar belasan orang saja” terangnya.

Menurut Humas PT Wika, proyek rehabilitasi pada dua pelabuhan tersebut masih sementara proses penimbunan dan pembersihan puing – puing.

“Jadi, sama sekali belum ada progres pembangunan gedung, itu masih proses dasar yang menggunakan alat berat,” jelasnya.

Selanjutnya disebutkan, saat pembangunan proyek rehabilitasi pelabuhan Donggala dimulai kemungkinannya akan merekrut lagi tenaga kerja untuk warga lokal  sesuai prosedur yang ada.

“Mengenai penambahan tenaga kerja lokal, pihak perusahaan tentunya akan melihat sisi pekerjaan terlebih dahulu baru melakukan penerimaan kembali,” sebutnya.

Pada prinsipnya, pihak PT Wika lebih memprioritaskan tenaga kerja lokal.

“Jelasnya kami akan memprioritaskan tenaga lokal, pun begitu tenaga lokal yang kami rekrut harus mengikuti aturan perusahaan dan wajib menggunakan alat pelindung diri yang telah di sediakan perusahaan demi keselamatan bekerja,” terangnya.

Selain itu, Humas PT Wika juga memohon bantuan doa dan support khususnya kepada seluruh masyarakat Donggala agar proyek rehabilitasi dua pelabuhan di Donggala itu berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama.

“Kami mohon doanya agar proyek ini berjalan lancar sebagaimana mestinya,” pungkasnya.***

Penulis: ZF