Saluran di Jalan Lombok Kota Palu Bermasalah, Ini Faktanya

oleh -
Tampak lantai saluran di jalan Lombok Kota Palu sebagian tidak di cor. Foto: ZF/PosRakyat.com

PosRakyat – Proyek Peningkatan Fungsi Saluran Primer/Alur Alam di Sungai Manonda Wilayah 1, Kelurahan Duyu dan Kelurahan Kamonji Palu Barat, Kota Palu tahun anggaran 2021 lalu diduga tidak sesuai spek.

Tampak lantai saluran di jalan Lombok Kita Palu sebagian tidak di cor. Foto: ZF/PosRakyat.com

Pasalnya, saluran yang terletak di jalan Lombok tepatnya di belakang SMP 3 Kota Palu itu terlihat sebagian lantainya tidak dilakukan pengecoran dan dinding saluran pun sebagian besar sudah di tambal.

Berdasarkan hal itu, beberapa pihak yang berkompeten di bidang konstruksi mengatakan pembangunan saluran tersebut diduga kuat tidak sesusai spesifikasi.

“Kalau kita melihat fakta lapangan hari ini tampak sekali pekerjaan saluran ini dikerja asal asalan, dimana dinding tersebut dibeberapa titik sudah mengalami retak retak,” kata Gunt salah seorang pemerhati kontruksi di Kota Palu, Sabtu, 18 Juni 2022.

“Selain itu, lantai salurannya juga terlihat sebagian tidak di cor dan dibiarkan begitu saja sehingga tampak dikerjakan asal asalan,” katanya lagi.

Tampak dinding saluran di jalan Lombok Kota Palu di tambal diduga mengalami keretakan. Foto: ZF/PosRakyat.com

Proyek tahun anggaran 2021 ini melekat pada Satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu, dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT. Bina Asta Tunggal, dengan nilai kontrak Rp3.259.040.289.00.

Sementara, diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang Cipta Karya dan Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Kota Palu, Muhammad Nur Larisa mengatakan, terkait proyek Peningkatan Fungsi Saluran Primer/Alur Alam di Sungai Manonda Wilayah 1 itu telah putus kontrak dengan bobot pekerjaan 40 persen. Sementara 60 persen sisa pekerjaan itu akan dilakukan lelang kembali.

“Setelah dikaji semua pekerjaan kurang lebih 40 Persen dilakukan optimasi dianggap 100 Persen,” jelasnya.***

Penulis: ZF