Sensus Penduduk 2020 Akan Dilakukan Melalui 2 Tahap

oleh -
Sensus Penduduk 2020

Palu, Posrakyat.com – Sensus penduduk yang akan dilakukan serentak pada 2020 nanti membuat Badan Pusat Statistik seluruh Indonesia bersiap-siap. Tak terkecuali Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala BPS Provinsi Sulteng, Dumangar Hutauruk, meminta partisipasi dan kerja sama penduduk setempat dalam penyelenggaraan sensus penduduk 2020 nanti.

Ia mengatakan bahwa sensus penduduk nantinya akan dibagi menjadi 2 tahap melalui cara berbeda. Tahapan pertama, yaitu sensus penduduk online melalui laman resmi BPS.

“Sensus penduduk akan dibagi menjadi dua, yakni sensus penduduk online yang akan dilaksanakan 15 Februari sampai 31 Maret,” katanya, dilansir antaranews.com.

Tahapan yang kedua adalah sensus penduduk dengan metode wawancara langsung yang akan dilakukan pada 1 Juli hingga 31 Juli 2020.

Pihaknya mengatakan tujuan dilaksanakannya sensus penduduk online 2020 ini adalah untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menurut de facto dan de jure. Hal ini disebabkan pemerintah di tingkat pusat maupun daerah akan menjadikan sensus penduduk ini sebagai tolak ukur dan parameter dalam menentukan kebijakan mengenai kepentingan masyarakat.

“Kami sangat berharap melalui media mari kita sosialisasikan pelaksanaan sensus penduduk 2020 agar seluruh penduduk Sulteng tahu dan sehingga bisa mendukung dan mensukseskan kegiatan tersebut,” harapnya.

Selain itu, sensus penduduk juga bertujuan untuk menyediakan parameter demografi dan proyeksi kependudukan serta karakter penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator Sustainable Development Goals (SDGs).

Dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan sensus penduduk online adalah KTP, KK, dan akta pernikahan/perceraian (jika memiliki).

Melalui laman resminya, BPS juga mengatakan bahwa jika tidak terdaftar di sensus penduduk online, para penduduk masih akan dapat terdaftar di sensus pendudukan secara langsung atau melalui wawancara.

Nantinya sensus penduduk secara online akan dilakukan melalui laman resmi BPS yaitu https://sensus.bps.go.id/ yang akan dimulai pada 15 Februari nanti.

 

Editor : ZF

loading...