Tahapan Pemilu 2024, Pantarlih Lakukan Coklit di Rumah Warga, Siapkan Dokumen! 

oleh -
oleh
Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) saat melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di rumah penduduk di Kota Palu. Foto: Dok. KPU Kota Palu

PosRakyat – Tahapan menjelang Pemilu tahun 2024 mendatang sudah dimulai dengan dilakukannya Pencocokan dan Penelitian (Coklit) terhadap masyarakat kota Palu oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid menuturkan bahwa salah satu prinsip dan prasyarat untuk terselenggaranya Pemilu yang demokratis itu adalah warga negara terdaftar sebagai pemilih tanpa diskriminasi dalam artian luas.

Baca Juga: Pemerintah Umumkan CPNS 2023, Ketahui Kepastiannya Disini

Baca Juga: Membanggakan, Tiga Siswi Asal Kota Palu Raih Piala Emas di Ajang Lomba Internasional di Thailand 

“Jaminan pendaftaran pemilih tanpa diskriminasi, termasuk akses pemilih untuk terdaftar dan mengetahui data dirinya sebagai pemilih secara mudah, termasuk untuk memperbaiki data dirinya apabila ditemukan kekeliruan atau perubahan elemen data,” terang Agussalim.

Tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih ini kata dia, menentukan tahapan Pemilu selanjutnya. Mulai dari jumlah TPS, alokasi logistik, pola sosialisasi Pemilu, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara dan rekapitulasi suara.

Baca Juga: Selingkuh dengan Stafnya, Wali Kota Toronto Mengundurkan Diri

“Jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan Pemilu selanjutnya juga akan sangat terganggu,” tuturnya.

Menurutnya, untuk memastikan daftar pemilih tersusun dengan baik dan berkualitas, Pantarlih haruslah bekerja secara cermat, tertib, efektif dan akuntabel.