Wisudawan Untad Diharap Ciptakan Generasi Intelek

oleh -

Posrakyat.com, Palu – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dalam sambutan tertulisnya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Mohammad Hidayat Lamakarate, mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan Universitas Tadulako (Untad) telah menyelesaikan pendidikan.

Hal itu disampaikan saat menghadiri acara pengukuhan wisudawan dari tingkat Diploma, Sarjana serta Pascasarjana di Gedung Auditorium Utama Untad, Senin (20/8/2018).

“Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati beserta keluarga atas keberhasilannya menamatkan studi pendidikan di perguruan tinggi Universitas Tadulako dan berhak menyandang gelar sarjana,” tutur Sekdaprov Hidayat.

Ia juga meyampaikan terima kasih dan mengapresiasi atas penyelenggaraan wisuda sarjana dan pascasarjana ke 93. Di mana Untad menciptakan 691 generasi intelektual, yang nantinya akselerator penting dalam membangun Sulteng yang maju, mandiri, dan berdaya saing.

Menurut Sekdaprov Hidayat, menyandang status sarjana di tengah – tengah lingkungan yang dinamis dan kompleks di masyarakat tentu saja membawa konsekuensi moral dan intelektualitas yang tidak ringan, sebab di mata masyarakat awam, para wisudawan dan wisudawati mempunyai nilai lebih baik dari sisi keilmuan dan etika.

Ia meminta agar ilmu yang sudah diserap dari Untad, nantinya akan ditransfer dan diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan.

“Lingkungan masyarakat akan menjadi laboratorium saudara-saudara sekalian untuk menguji setiap ilmu yang didapatkan selama di bangku kuliah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sekdaprov Hidayat berpesan agar wisudawan dan wisudawati terus meningkatkan wawasan yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan secara mandiri dan bermanfaat, serta senantiasa menjaga hubungan silatuhrahmi dengan almamater Untad.

“Wisudawan dan wisudawati mesti cakap dalam menerapkan keterampilan, agar menjadi figur yang profesional di bidangnya,” katanya.

Keterampilan itu ujar Sekdaprov Hidayat, dapat mempunyai etos kerja, mampu menangkap peluang, dan mampu bersaing untuk berkarya dan produktif sebagai berkah bagi bangsa dan negara khususnya bagi daerah.

Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Sulteng, Forkopimda Sulteng, Kepala BPK Perwakilan Sulteng, para bupati/wali kota, Kepala Perwakilan BPKP Sulteng, pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta se Kota Palu, Rektor Universitas Bosowa, Dekan Fakultas Teknik Industri UMI Makassar, pimpinan bank, ketua dan anggota senat Untad, serta para orang tua wisudawan.

Sebanyak 691 Wisudawan dari tingkat Diploma, Sarjana serta Pascasarjana dikukuhkan oleh Rektor Untad, Prof. Muhammad Basir Cio. Wisuda kali ini dilakukan yang ke 93.

Adapun urutan dan jumlah wisudawan angkatan 93 terdiri dari Pascasarjana 24 orang, Kedokteran 35 orang, Peternakan dan Perikanan 21 orang, Ekonomi 106 orang, Kesehatan masyarakat 7 orang, Pertanian 35 orang, Matematika dan ipa 35 orang, Kehutanan 15 orang, keguruan dan ilmu pendidikan 199 orang, hukum 89 orang, teknik 48 orang, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 77 orang. [***]

 

 

Penulis; Bob Shinoda

loading...