Alokasi Kursi Dapil untuk DPRD Donggala Berubah

oleh -
Foto : DPRD Donggala (Istimewa)

POSRakyat.com, Donggala- Hasil penataan ulang komposisi dan alokasi anggota DPRD Kabupaten Donggala mengalami perubahan di antara lima Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada. Menurut Ketua KPU Kabupaten Donggala, Mohammad Saleh perubahan komposisi alokasi terjadi pada Dapil yang ada, namun secara keseluruhan jumlahnya tetap 30 anggota.

“Hanya pembagian di Dapil tertentu yang berubah disebabkan jumlah penduduk suatu Dapil ada yang mengalami peningkatan disbanding yang lainnya, sehingga ada yang bertambah dan ada pula yang berkurang,” jelas Saleh belum lama ini.

Perubahan komposisi tersebut berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 289 Tahun 2018 tentang Penetapan Dapil dan Alokasi kursi anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota. Perubahan tersebut tidak menambah dan tidak mengurangi jumah total pada saat Pemilu 2014 lalu, yakni 30 orang mengingat jumlah penduduk Kabupaten Donggala belum melebihi 300 ribu.

Adapun perubahan jumlah kursi dari 6 menjadi 7 kursi pada Pemilu 2014 lalu, kemudian untuk Pemilu 2019 mendatang akan menjadi 7 kursi yaitu Dapil 3 (Balaesang,  Balaesang tanjung, Sindue Tobata dan Sirenja) yang sebelumnya dinamai Dapil 4. Demikian halnya yang kini jadi Dapil 4 terdriri dari kecamatan Dampelas, Sojol, dan Sojol Utara) mendapat 7 kursi yang sebelumnya disebut Dapil 5.

Pengurangan alokasi kursi terdapat di wilayah yang kini dinamai Dapil 5 yaitu Banawa Selatyan, Pinembani dan Rio Pakava yang pada pemilu sebelumnya mendapat alokasi 6 kirsi, kemudian mendatang hanya 5 kursi. Demikian halnya wilayah Kecamatan Labuan, Sindue, Sindue Tombusabora dan Tanantovea) sebagai Dapil 2 juga mengalami pengurangan alokasi dari 7 kursi menjadi 6 kursi. Kecuali Dapil 1 khusus Kecamatan Banawa dan Banawa Tengah tetap mendapat alokasi 5 kursi.

Berdasarkan data yang penulis dapatkan di KPU Kabupaten Donggala, penataan serupa juga dilakukan tahun 2009 lalu ketika terjadi perubahan kompisisi anggota DPRD Kabupaten Donggala saat dibentuknya DPRD Kabupaten Sigi. Ketika itu sebagian di antara 40 anggota DPRD Donggala dipindahkan ke Kabupaten Sigi, sehingga tersisa yang hanya 30 orang sesuai hasil pembagian yang mengacu jumlah penduduk. Saat ini data BPS menunjukkan jumlah penduduk Kabupaten Donggala baru sekitar 293.470 jiwa yang berarti komposisi keterwakilan di DPRD 30 orang.

Penulis : JAMRIN

loading...