Antisipasi Masuknya Virus Corona, Ini Upaya Pemkab Touna

oleh -
Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tojo Una - Una, Mario Pawadjoe (Foto : Istimewa)

Touna, Posrakyat.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Una-Una (Touna), Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat sudah berupaya melakukan himbauan diberbagai pintu -pintu masuk wisatawan yang berkunjung untuk mengantisipasi masuknya virus Corona.

Himbauan tersebut disampaikan kepala Disparbud Mario Pawadjoe Jum’at 28/02/2020 pada media ini. Menurut Mario pihaknya telah melakukan pencegahan adanya virus corona terhadap wisatawan yang masuk di Touna.

Tindakan itu dilakukan berawal hebohnya virus corona sejak bulan lalu, berawal itulah pihak mereka menerima surat dari dinas pariwisata pusat.

“Surat itu di tandatangani lansung oleh bupati, ditujukan ke dinas kesehatan, dan rumah sakit Ampana agar memantau pintu masuk wisatawan”, ucap Mario.

Mario mengatakan, upaya ini dilakukan untuk wisatawan yang berkunjung ke Touna karna wisatawan lah yang berpotensi membawa adanya virus corona.

Terkait dengan adanya peristiwa wisatawan asal Perancis yang sempat dihebohkan warga yang di duga mengidap corona, menurut Mario kemungkinan besar pasien tersebut tidak mengidap penyakit corona.

“Kemungkinan besar penyakit yang di derita wisatawan itu bukan penyakit corona hanya ada gangguan sedikit pernapasan, dan kata Dokter Diare, ” tutur Mario.

Dia menambahankan untuk persoalan medis itu urusan Dinkes dan RSUD Ampana. Namun untuk pariwisata kata Mario sudah pernah mengingatkan keteman – teman sejak adanya surat yang di tanda tangani Bupati Touna, sejak itu juga pihaknya telah melakukan antisipasi wisatawan terhadap masuknya virus corona di Touna.

“Sejak hebohnya virus corona waktu itu, pariwisata mengerahkan personil di pintu-pintu masuk wisatawan seperti pintu gerbang Ampana, Wakai, dan Dolong, semuanya dalam keadaan steril.” Terang Mario.

Terpisah saat dikonfirmasi media ini Senin (29/02/2020), kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Touna Dra. Yafanet Alfari mengatakan pihak Pemerintah Touna melalui Dinkes sudah melakukan tindakan pencegahan masuknya virus corona di Touna.

Menurut Dra. Yafanet terkait pasien Asal Perancis yang di rujuk di RSUD Kabupaten Luwuk Banggai itu bukan mengidap Penyakit Corona hanya saja fasiltas alat RSUD Ampana masih terbatas.

“Di Touna belum Ada yang mengidap penyakit Virus Corona,” pungkasnya.
(Jefry / ZF)