Tim SAR Berhasil Evakuasi Korban Tertimbun Kayu di Sigi

oleh -
Tim Basarnas berhasil evakuasi korban tertimbun kayu akibat banjir bandang di desa Omu, kecamatan Gumbasa, Rabu, (1/5/2019). [Foto : Matre]

Sigi, Posrakyat.com – Korban yang hilang saat banjir bandang menerjang Desa Omu, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi berhasil ditemukan. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, pada Rabu (1/5/2019) sekira Pukul 09.55 wita.
Korban bernama H. Bado (90 thn) merupakan warga Desa Bangga Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, diketahui saat kejadian korban tengah berada di rumah kebun, yang berada di Desa Tuva Kecamatan Gumbasa.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu, Basrano menuturkan, kronologis penemuan korban berawal saat tim Basarnas menyeberangi sungai di wilayah tersebut.

Saat itu tambah Basrano, salah satu anggota Rescue yang bernama Adiansyah terpeleset dan terbawa arus sungai sekira 200 meter.

“Begitu sampai di tepi sungai, Adiansyah melihat ada tangan manusia yang tertimbun di antara tumpukan kayu. Adiansyah langsung memberitahukan tim Rescue,” tutur Basrano.
Mengetahui hal tersebut, tim Rescue langsung berupaya melakukan evakuasi.

Karena kondisi korban terjepit di tumpukkan kayu, tim sempat kesulitan melakukan evakuasi korban.

Sekira Pukul 13.00 Wita, tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengeluarkan korban dari tumpukan kayu dan kondisi air sungai mulai surut.

Dengan ditemukannya korban kata Basrano, saat ini tim rescue Kantor SAR Palu yang ada di lokasi akan ditarik dari lokasi, untuk tetap siaga.

“Jika masih ada laporan warga yang membutuhkan bantuan SAR, maka Basarnas khususnya kantor SAR Palu siap untuk memberikan bantuan uapaya pertolongan terhadap korban banjir di Sigi,” ucapnya.

Penulis : Ahmad Muksin

loading...