Basmi Hama Tikus Gunakan Aliran Listrik di Kabupaten Banggai, Petani Banyak yang Kesetrum 

oleh -
oleh
Kepala desa Arga Kencana, Khusnan. Foto: Udin

PosRakyat – Banyaknya hama tikus di persawahan membuat masyarakat petani di desa Arga Kencana kecamatan Moilong dan desa Cendana Pura kecamatan Toili kabupaten Banggai memasang aliran listrik di pematang sawah untuk membasmi hama tersebut. Hal ini oleh sebagian pihak justeru dapat membahayakan nyawa para petani itu sendiri.

Berdasarkan keterangan kepala desa Arga Kencana, Khusnan kepada media ini beberapa waktu lalu, para petani khususnya di wilayah kecamatan Moilong dan kecamatan Toili hampir kewalahan terhadap hama tikus selama ini.

Baca Juga: PB Alkhairaat Apresiasi Polri dalam Menjaga Kamtibmas di Sulteng

Baca Juga: Peduli Pendidikan, Sukarelawan Santri Dukung Ganjar Perbaiki MCK Ponpes Sabiilillaah di Kota Palu

Olehnya itu kata Khusnan, para petani mengambil inisiatif untuk membasmi hama tikus itu dengan cara memasang aliran listrik ke pematang sawah. Meski demikian ini juga dapat mengancam keselamatan para petani tersebut.

“Ini sangat beresiko, dan sudah banyak yang menjadi korban dari dipasangnya aliran listrik di pematang sawah itu,” kata Kades Arga Kencana belum lama ini.

Sementara, Kepala Desa Cendana Pura kecamatan Toili menghimbau kepada para petani agar menggunakan alat jaring ikan dalam menangkap hama tikus.