Gubernur Minta OJK Implementasikan Kebijakan Stimulus di Sulteng

oleh -
Gubernur Sulteng, Longki Djanggola melakukan video conference, Rabu (1/4/2020). FOTO: HUMAS PEMPROV

PALU, PosRakyat.com  – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola meminta semua unsur pemerintah daerah di kabupaten dan kota untuk dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat dari dampak ekonomi akibat musibah Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Hal tersebut disampaikan Gubernur Longki pada Rabu (1/4/2020),  sebagai tindak lanjut hasil rapat terbatas melalui video conference yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo dan Wapres, Ma’aruf Amin bersama Menteri Kabinet Kerja dengan para Gubernur se Indonesia, mengenai langkah-langkah menghadapi pandemi Covid-19. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama untuk dilaksanakan di daerah, pertama kiranya dapat dipastikan tidak terjadi aksi kecurangan harga dan penumpukan kebutuhan pokok masyarakat dan terus dipastikan distribusi, ketersediaan, dan pengendalian harga kebutuhan pokok masyarakat dapat terjamin. Kedua, saat ini Alat Pelindung Diri (APD) masyarakat, seperti masker, hand sanitizer dan sebagainya sangat langka di pasaran.

“Untuk itu dipastikan kelangkaan tersebut tidak terjadi karena adanya tindakan kecurangan yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegas Gubernur Longki.

Kemudian lanjut dia, diminta kepada bupati dan wali kota agar dapat melaksanakan Inpres 4 Tahun 2020 tentang refocussing kegiatan realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dengan cara memangkas anggaran perjalanan dinas dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya seremonial.

“Terkait dengan stimulus kebijakan perekonomian Nasional sebagai kebijakan countercyclical dampak penyebaran Covid-19,” katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Gubernur Longki diminta kepada Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sulteng untuk dapat mengimplementasikan serta mensosialisasikan dengan baik kebijakan tersebut kepada masyarakat dan Industri Jasa Keuangan (IJK) di Sulteng agar penerapannya dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Ia juga menyampaikan kepada seluruh Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sulteng agar dapat meningkatkan koordinasi secara berjenjang dan mengimplementasikan dengan baik seluruh kebijakan nasional dan daerah dalam rangka penanganan Covid-19  sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Harapan tersebut disampaikan melalui surat resmi kepada penyelenggara pemerintahan di daerah provinsi, kabupaten dan kota se- Sulteng. [BOB]

loading...