Jokowi Disebut Berhasil Kerjakan yang Tidak Dilakukan SBY

oleh -
oleh
Presiden Joko Widodo. Foto: Ist

PosRakyat – Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyebut Jokowi berhasil melakukan sesuatu yang gagal dilakukan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjabat presiden.

Dilansir dari Jurnalnews, Dikatakannya, hal itu berkaitan dengan oligarki yang memiliki andil di dalam pemerintahan dan pembuatan kebijakan selama ini.

Namun, berbeda halnya dengan SBY yang gagal mengontrol oligarki, Jokowi justru menjadi super kuat berkat mereka.

Menurutnya, oligarki itu masuk ke dalam partai dan itu yang membuat posisi Pak Jokowi menjadi Super Kuat.

“Super kuat dalam pengertian di periode Pak SBY menjadi presiden meskipun polanya sama oligarki masuk dalam partai politik, partai politik ditumpuk dalam kabinet over size yang dibentuk oleh Pak SBY, tetapi bedanya zaman itu partai politik yang mengontrol presiden,” ujar Burhanuddin, Kamis lalu.

Ia juga mengatakan bahwa dalam banyak kasus, presiden tidak mampu mengontrol kabinetnya sendiri.

Tapi lanjut dia, dalam masa Jokowi itu kebalikannya, jadi alih-alih partai politik mengontrol presiden, Presiden Jokowi yang mengontrol partai politik.

“Dan ini yang membuat akhirnya agenda kebijakan yang tidak populer sekalipun lolos, itu tadi karena ada penyatuan kepentingan para oligarki, sesuatu yang sebenarnya akan sangat berguna buat demokrasi jika mereka berkelahi,” tutur Burhanuddin Muhtadi menambahkan.