Kakumdam XIII Merdeka Beri Penyuluhan Hukum kepada Jajaran Kodim 1305 BT

oleh -
(Foto : Satriani /Posrakyat.com)

Tolitoli, Posrakyat.com- Kepala Hukum Kodam (Kakumdam) XIII Merdeka, Kolonel (CHk) Shihabudin memberikan materi penyuluhan hukum Kepada Prajurit, PNS dan anggota Persit Candra Kirana Jajaran Kodim 1305 BT.

“Penyuluhan hukum sangat berguna sekali diketahui oleh seluruh jajaran Kodim 1305 BT agar bisa menimalisir tingkat pelanggaran,” tukas Kakumdam XIII Merdeka Kolonel (CHk) Shihabudin. Selasa (18/2).

Menurutnya, salah satu penekanan yang paling ditekankan oleh Pangdam XIII Merdeka yakni, tidak menginginkan adanya benturan fisik terhadap masyarakat dan Polisi. Pihaknya mencatat adapun 5 pelanggaran tertinggi selama kurun tahun 2019 dan awal 2020 diantaranya THTI Disersi sebanyak 41 kasus, asusila 12 kasus, Penganiayaan 11 kasus, serta penyalahgunaan wewenang 2 kasus.

“Saya menyampaikan kepada masing-masing anggota dan Ibu Persit agar menjauhi segala bentuk pelanggaran apapun yang akan merugikan diri pribadi maupun satuan,”tegasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Pelaksana Dukungan Hukum dan Bantuan Hukum Kodam XIII Merdeka, Letkol CHk Novi S Mewoh menjelaskan, terkait pelanggaran LGBT yang marak di media sosial agar setiap personil menjauhi segala bentuk perbuatan tersebut baik dikalangan anggota TNI, PNS maupun ibu-ibu persit.

Selain itu kata dia, tentang pelanggaran Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) tentang penganiyaan dan penelantaran dalam keluarga agar apapun bentuk permasalahan yang menyangkut KDRT jangan sampai terjadi.

“Pelanggaran asusila diantaranya perbuatan cabul, melanggar kesusilaan ditempat umum, pemerkosaan, kumpul Kebo serta mempunyai Istri Suami simpanan wajib untuk dihindari,” terangnya.

Sebelumnya ditempat yang sama, Komandan Kodim 1305 BT, Letkol inf Gunnarto dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari penyuluhan hukum adalah merupakan wahana untuk menggugah kesadaran hukum, meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan hukum serta untuk memberikan wawasan kepada seluruh Prajurit dan PNS serta keluarga di lingkungan TNI khususnya jajaran Kodim 1305 BT.

Selaku orang nomor satu di Kodim 1305 BT dirinya memberikan penekanan kepada anggota agar dalam penyuluhan menerima dan mencermati apa isi dari arahan penyuluhan, apabila kurang dimengerti agar menanyakan apa yang tidak dimengerti.

Dalam waktu dekat, terkait kunjungan Pangdam XIII Merdeka, agar para personil yang menempati rumah dinas senantiasa merawat tempat tinggal serta, memperindah dengan mengecat sesuai warna yang sudah ditentukan.

Pada kegiatan penyuluhan Hukum yang digelar oleh Kodam XIII Merdeka, dihadiri sejumlah para perwira staf Kodim 1305 BT, Danramil Jajaran Kodim 1305 BT, Dansub Denpom XIII 1-2 Lettu CPM Bahtiar, Danton 2 Kipan C Yonif 711 Raksatama, Letda (Inf) M.Yazer Nasution, Para BA/TA, serta PNS jajaran Kodim 1305 BT, Perwakilan anggota Kipam C 711Raksatama bersama Persit, ketua Persit Candra Kirana Cabang XIX Kodim 1305 BT, Tanti Haryanti Gunnarto.
serta pengurus Persit Cabang XIX Kodim 1305 BT.(Satriani / ZF)

loading...