Konser Kangen Band Reunian Kisah Pahitnya Terungkap Kembali

oleh -
Kangen Band Reunian

Jakarta,Posrakyat.com–  Kangen Band reunian kembali wara wiri di televisi layar kaca pemirsa Setelah delapan tahun vakum dari industri musik Tanah Air.

Kembalinya Kangen Band dengan formasi Andika (vokal), Dodhy (gitar), Izzy (kibor), Tama (gitar) dan Bebe (bass) ke dunia hiburan, mereka menggelar konser virtual Jumat (4/12/2020).

Kenangan dan nostalgia tampil di panggung mereka malam itu. Sebelum bernyanyi, Andika dan Dodhy yang dikabarkan lama berseteru, saling mengulurkan tangan dan berpelukan

Konser itu dimulai pada 19.00 WIB dibuka dengan diputarnya sejumlah video vox populi dari sejumlah orang. Lalu Kangen Band membuka penampilannya dengan lagu Doy. Komika Awwe bergabung dengan Kangen Band.

“Gue sih lebih era dulu kayak gitu. Yang gue lihat kan dulu, walaupun dulu gue begitu (gaya rambut dicel), gue kaya,” jawab Andika santai sambil tertawa.

Kisah Hidup Susah Personil Kangen Band

Satu hal yang tidak kalah menarik di konser Benci Tapi Kangen adalah terkuaknya masa lalu Kangen Band sebelum mereka semua menjadi musisi. Sebelum dikenal banyak orang, para personel Kangen Band rupanya menjalani hidup yang berliku.

Dodhy pernah bekerja sebagai kuli bangunan. Meskipun bekerja di ranah yang jauh dari musik, Dodhy tidak patah semangat dan selalu menyimpan mimpinya untuk menjadi musisi.

“Tapi punya mimpi jadi artis sih tetep. Sambil jadi kuli bangunan, itu sambil nyiptain lagu,” tutur Dodhy. Rupanya impian itu pun terwujud.

Sedangkan Bebe pernah membantu orang tuanya berjualan nasi uduk, Tama sempat berjualan sendal, dan Andika pernah berjualan cendol. Izzy yang terakhir masuk, rupanya saat itu masih duduk sebagai pelajar SMA. Ia juga merupakan anggota termuda dari Kangen Band.

Bertemu Sang Manager “Sujana”

Salah satu bagian yang terbilang mengharukan dari konser tersebut adalah ketika dihadirkan Sujana, mantan manager Kangen Band, melalui telepon video. Sujana yang akrab disapa Om Jan atau Pak Jana itu pun bercerita awal pertemuannya dengan band tersebut hingga mereka hijrah ke Jakarta dan bergabung dengan label rekaman.

“Pertemuan saya dengan Kangen Band itu tahun 2005 atau 2006. Waktu itu saya juga nggak suka, tapi begitu saya ke Lampung, saya lihat mereka punya semangat,” kisah Sujana.

Sujana mengenang saat pertama kali berkenalan dengan Kangen Band, pada mulanya ia belum bertemu dengan Andika. Saat itu, sang vokalis tengah mendekam di penjara karena sebuah kasus. Dengan tekad menemui Andika, Sujana pun kembali bertandang ke Lampung.

Pengalaman Pertama Andika Naik Pesawat

Pertemuan pertama antara Sujana dan Andika rupanya terbilang berkesan. Sujana sempat meragukan kemampuan bernyanyi Andika hingga akhirnya mendengar sendiri suara dari pria kelahiran 21 Mei 1983 itu.

“Untuk Om Jan makasih banyak, karena jasa-jasa Om Jan juga kami sampai di Jakarta. Pak Jana adalah saksi kunci saya sampe Jakarta. Pertama kali saya bisa naik pesawat,” kenang Andika.

Sindiran Soal Band “Kampungan”

Dalam konser itu, Kangen Band juga ditanyai mengenai tanggapan mereka terhadap orang-orang yang kerap menyindir mereka.

“Dibilang kampungan, ah alay nih kampungan. Sebenernya nggak masalah. Itu kan selera. Dibilang benci tapi di Synchronize pada nyanyi semua,” kata Dodhy.

Bahas Muasal Pertikaian

Pada konser itu pula, Dodhy dan Andika sama-sama bicara mengenai pertikaian yang membuat band itu pecah beberapa tahun silam. Menurut Dodhy, persoalan utama dari grup musiknya saat itu adalah komunikasi.

Akan tetapi menurut Dodhy, kini ia dan teman-teman satu bandnya sudah banyak berubah. Kini dia bahkan mengaku bersyukur sempat mengalami fase band itu terpecah, karena baginya, ada pelajaran yang dapat diambil.

“Kalau sekarang sudah paham, sifatnya Andika aku sudah tahu, jadi sudah enak. Ada hikmahnya juga kami bubar, jadi kami lebih memahami satu sama lain,” tutur Dodhy.

Usai berbincang, mereka membawakan Yolanda. Lagu itu terbilang ikonik bagi Kangen Band. Sebab lagu itu menjadi salah satu hits yang turut melambungkan nama mereka.(**)