Waduh! Baru Dibangun Tembok Penahan Oprit Jembatan Pombewe Sudah Ambrol

oleh -
Tampak pada dinding bawah tembok penahan oprit jembatan Pombewe, Kabupaten Sigi, Sulteng sudah ambrol. [Foto: Ist]

Palu, Posrakyat.com – Proyek tembok penahan satu paket dengan pembangunan jembatan Pombewe di Desa Pombewe, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah ambrol. Padahal tembok penahan oprit yang dikerjakan oleh pihak penyedia jasa itu baru saja selesai dibangun.

Pantauan media ini, Minggu (12/09/2020), pada bangunan tersebut tampak belum dilakukan perbaikan. Sementara kerusakan tembok penahan itu sekira dua pekan lamanya.

Pengakuat beberapa warga Pombewe yang bermukim tidak jauh dari lokasi tersebut mengaku kecewa dengan hasil pekerjaan tersebut. Melihat kerusakan pada jembatan itu, warga menduga pihak kontraktor hanya mengejar keuntungan semata namun tidak memperhatikan kualitas pekerjaan.

“Proyek ini dananya miliaran rupiah tetapi kualitasnya sangat buruk. Kami minta pihak-pihak terkait untuk memeriksa proyek ini karena disinyalir telah terjadi kerugian negara”, kata Sabir, warga Biromaru.

Diketahui, Tahun Anggaran 2018 Pemerintah Kabupaten Sigi telah menganggarkan proyek jembatan tersebut dengan nilai kontrak Rp. 2.955.317.000 yang dikerjakan oleh PT. Citra Komunikasi Perkasa melalui pemanfaatan hibah Provinsi Sulawesi Tengah, untuk pengadaan material baja struktural jembatan dan pengerjaan jembatan tersebut kabarnya sudah menelan anggaran sekira Rp. 7,6 Miliar lebih sejak tahun anggaran 2018, 2019 sampai 2020.

Selanjutnya, pada tahun ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, melalui Satker Dinas Pekrjaan Umum, kembali mengkucuran anggaran tambahan untuk pekerjaan lanjutan dengan nama pekerjaan Rehabilitasi Jembatan Pombewe, yang dimitrakan ke perusahaan CV. BANGUN KONSTRUKSI dengan Nilai Kontrak Rp1.622.680.904,37. [TIM]

loading...