Yogyakarta 6 Meter Potensi Gelombang Laut, Prediksi BMKG

oleh -

YOGYAKARTA,POSRAKYAT.Com-  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, memberikan peringatan dini soal potensi gelombang tinggi di perairan selatan Yogyakarta.

Sementara itu, beberapa kabupaten juga diprediksi berpotensi hujan lebat.

Dilansir Detik.Com, Kepala Stasiun Klimatologi (Staklim) BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas, Rabu, 28 Oktober 2020, dalam keterangannya mengatakan waspada potensi hujan lebat disertai petir, dan angin kencang di Sleman barat, Kulon Progo utara, Bantul, dan Gunung Kidul, serta gelombang laut sangat tinggi, di Perairan selatan DIY.

Ia menjelaskan tinggi gelombang di perairan selatan Yogyakarta berkisar antara 4 hingga 6 meter dan termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Secara umum, kondisi cuaca di pagi hari diprediksi berawan di Yogjakarta. Sementara untuk siang hingga sore, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di Sleman bagian barat, Kulon Progo bagian utara, Gunungkidul, dan Bantul.

Pada malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di Bantul dan Kulon Progo. Sedangkan dini hari mayoritas berawan.

“Suhu udara berkisar 23-30 °C dengan kelembapan udara 70-95 % dan angin dari arah timur dengan kecepatan maksimum 30 km/jam,” terangnya.

Prakiraan cuaca ini berlaku 24 jam, mulai pukul 07.00 WIB.**