69 WNI ABK Diamond Princess Tiba di RI

oleh -
Foto : Istimewa

Posrakyat.com – Sebanyak 69 WNI ABK Diamond Princess yang terbang menggunakan Pesawat Garuda dari Bandara Haneda, Jepang dan mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada Minggu malam, sekitar pukul 23.35 WIB.

WNI tersebut turun dari Pesawat Garuda satu per satu dan petugas berpakaian khusus sudah menanti dan langsung menyemprotkan cairan disinfektan sebelum masuk ke dalam bus khusus yang sudah disediakan.

“Langsung dimasukkan ke bus, dari tangga pesawat langsung masuk ke bus, langsung berangkat ke Indramayu,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr Achmad Yurianto, dilansir detik.com.

Begitu tiba di pelabuhan Indramayu, para WNI ABK Diamond Princess akan disemprotkan cairan desinfektan. Setelah itu, mereka akan diperiksa kesehatannya serta diambil sampel darahnya di KRI dr Soeharso sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Sebaru.

“Sampai di Indramayu, di pelabuhannya PLTU Indramayu, kemudian setelah turun baru mereka kita desinfektan, kemudian masuk ke kapal (KRI) Soeharso,” jelas Yuri.

“Di kapal Soeharso langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan seluruhnya, termasuk pengambilan sampel untuk pemeriksaan virusnya. Setelah semua pemeriksaan selesai, mereka langsung melanjutkan perjalanan kapalnya berlayar menuju ke (Pulau) Sebaru,” imbuhnya.

Para WNI ABK Diamond Princess diharuskan menjalani 28 hari masa observasi. Karena sudah diobservasi selama 14 hari di kapal Diamond Princess, 69 WNI ABK selanjutnya akan menjalani 14 hari kedua masa observasi di Pulau Sebaru.

“Yang (ABK) Diamond Princess juga sudah (diobervasi) 14 hari di kapal, dilaksanakan di Yokohama, hasilnya sudah ada, semua negatif. Begitu sampai sini kita periksa lagi untuk masuk ke 14 hari yang kedua,” ujar Yuri.

Editor : ZF