Asik Ketiduran, Penambang Pasir Selamat dari Gunung Semeru Meletus

oleh -
Alat berat tertimbun bekas letusan gunung semeru.

Surabaya, Posrakyat.com – Seorang pekerja di kawasan pertambangan pasir dikabarkan sedang ketiduran sebelum Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar, abu vulkanik hingga awan panas guguran, dibenarkan oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim).

“Dia operator bego (ekskavator). Sudah ketemu,” ungkap Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim), Satriyo Nurseno, saat dikonfirmasi, Kamis (3/12), dikutip CNN Indonesia.

Satriyo Nurseno mengatakan orang tersebut merupakan seorang pekerja di kawasan pertambangan pasir.

“Satu orang sempat dinyatakan hilang dalam proses evakuasi saat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kini telah ditemukan,” ungkapnya lagi.

Dia menambahkan, untungnya material muntahan Semeru tidak mengarah kepadanya. Setelah terbangun, pekerja tambang ini bermaksud menuju ke arah permukiman warga di Kecamatan Pronojiwo. Di tengah perjalanan, ia justru tersesat.

“Dia ketiduran, posisi bangun bingung jalan keluar tapi tersesat. Ditemukan kemarin sore,” kata Satriyo.

Tim SAR gabungan kemudian melakukan penyisiran. Di saat yang sama, sembilan alat berat sudah tertimbun luncuran material vulkanik.

Gunung Semeru mengalami erupsi dengan meluncurkan guguran awan panas pada Selasa (1/12) pukul 01.23 WIB. Sebanyak 550 warga di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro, Lumajang, sempat mengungsi di sejumlah lokasi yang aman.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan petugas masih mencari satu orang yang hilang tersebut.

“Satu orang diduga hilang dan masih dalam konfirmasi petugas di lapangan,” kata Raditya seperti dikutip dari Antara, Rabu (2/12).

Diberitakan sebelumnya, satu orang diduga hilang dalam proses evakuasi saat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (1/12).(**)