Berikut Daftar 9 Gubernur Yang Dilantik Jokowi

oleh -
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Posrakyat.com –  Presiden Joko Widodo akan melantik sembilan gubernur yang terpilih melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 5 September 2018.

Kesembilannya adalah Gubernur Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Tengah, Papua, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Tahap pertama (pelantikan gubernur yang terpilih dari Pilkada 2018) dilakukan terhadap sembilan gubernur,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di lokasi.

Menurut Tjahjo, kesembilan gubernur didahulukan pelantikannya dari total 17 gubernur yang terpilih di Pilkada serentak 2018. Di sembilan daerah itu, masa jabatan gubernur sebelumnya sudah habis. Selain itu, tidak ada pula sengketa hasil Pilkada yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Di daerah yang sembilan ini sudah selesai masa jabatan (gubernur sebelumnya), dan tidak ada gugatan ke MK,” ujar Tjahjo.

Sementara, pelantikan delapan kepala daerah sisanya akan dilakukan sebanyak tiga atau empat tahapan hingga pertengahan 2019. Tahap kedua akan dilakukan pada akhir September untuk Gubernur Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tahap ketiga hingga kelima akan dilakukan pada 2019, menunggu selesainya masa jabatan gubernur sebelumnya, juga tuntasnya sengketa hasil pilkada di daerah-daerah itu di MK.

“Sepanjang sudah memenuhi persyaratan semuanya, diputuskan KPU, tidak ada sengketa gugatan ke MK, segera saja akan dilantik, supaya langsung kerja,” ungkapnya.

Sumber; Viva

loading...