Debat Capres ke Dua, Presiden Jokowi Tegaskan Impor Sangat Diperlukan

oleh -
Debat kedua Pilpres 2019. ©Liputan6.com/Faizal Fanani.

Posrakyat.com – Dalam debat capres kedua yang digelar semalam, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa impor beras sangat diperlukan. Dia menjelaskan maksud pernyataannya itu. Menurutnya, impor diperlukan untuk menjaga kebutuhan pangan nasional juga untuk menstabilkan harga di pasaran.

“Karena itu, kami sampaikan dalam debat calon presiden (capres) bahwa impor itu sangat diperlukan,” kata Jokowi saat kunjungan kerja ke Panimbang, Pandeglang, Banten, Senin (18/2).

Menurut Kepala Negara, pemerintah mengimpor beras untuk cadangan strategis demi memenuhi ketersediaan pangan nasional. Selain itu juga untuk menstabilkan harga di pasaran dan dapat mengatasi inflasi.

“Apabila, harga stabil dan inflasi terjaga dengan baik, tentu daya beli masyarakat meningkat,” katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan, impor beras juga bisa dilakukan, apabila bangsa ini terkena bencana alam juga gagal panen akibat terserang hama maupun penyakit tanaman.

“Karena itu, pemerintah masih memerlukan impor beras dari luar negeri,” ujarnya.

Namun, Jokowi mengapresiasi produksi beras tahun 2018 berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) surplus hingga 2,8 juta ton. Sedangkan, produksi beras mencapai 33 juta ton dan kebutuhan konsumsi sekitar 29 juta ton.

“Produksi beras surplus itu dikeluarkan oleh lembaga dan kementerian dan bukan mengarang. Coba produksi beras itu dikonfirmasikan ke BPS,” jelasnya.

Sumber : Merdeka

loading...