Dewan Perwakilan Rakyat Amerika (The House of Representative) : Presiden Trump Dalam Sidang Senat

oleh -
Donald Trump (Foto: Istimewa)

Nancy Pelosi : Tindakan Lalai Presiden Trump Membuat Sidang Dibutuhkan


Saat ini, Amerika sedang dihebohkan dengan persidangan yang melibatkan Presiden Donald Trump. The House of Representative atau Rumah Perwakilan Amerika melakukan pengambilan suara atas kasus yang saat ini tengah menimpa Donald Trump. Ada dua tuduhan yang di ajukan atas Trump, yaitu penyalahgunaan kekuasaan dan penolakan kerja samanya dalam Kongres.

Seluruh anggota DPR memberikan suaranya tanpa terkecuali.

Dilansir dari bbc.com, sidang tersebut berlangsung selama 6 jam. Tuduhan pertama, Trump diduga melakukan penekanan terhadap Ukraina untuk mengumumkan investigasi yang melibatkan Joe Biden. Joe Biden sendiri adalah saingan politik demokrat dari Presiden Trump. Tuduhan kedua yaitu penghalangan kongres dalam melakukan penyelidikan yang dilakukan oleh Trump. Trump dituduh telah menolak untuk bekerja sama dalam penyelidikan, menahan bukti dokumenter, dan melarang ajudannya untuk memberikan bukti.

Dikutip dari BBC, Nancy Pelosi, pembicara DPR, mengatakan “Jika kita tidak bertindak sekarang, kita akan lalai menjalankan tugas. Sangat disayangkan, tindakan lalai seorang presiden membuat kita harus melakukan sidang ini. Beliau tidak memberikan kita pilihan.”

Sebelumnya, masyarakat yang mendukung sidang tersebut melakukan protes terhadap tindakan Trunp. Ratusan orang turun ke jalanan Times Square, New York di hari Selasa malam.

Saat ini Trump telah menjadi presiden ketiga Amerika yang pernah di dakwa atas tuduhan yang berbeda. Sebelumnya, Andrew Johnson dan Bill Clinton merupakan presiden yang pernah melewati sidang serupa dalam sejarah Amerika.

 

Editor : ZF

loading...