Diinisiasi Lanal Tolitoli, Tumpukan Sampah di Pantai Susumbolan Dibersihkan

oleh -

PosRakyat – Bau sampah busuk yang menyengat membuat TNI, Polri serta Sat Pol PP yang diinisiasi langsung Lanal Tolitoli dengan melakukan aksi pembersihan sampah disepanjang pantai Susumbolan Tolitoli, Sulawesi Tengah (Sulteng). Berbagai jenis sampah material diangkut menggunakan armada milik pemkab setempat.

Baca Juga: Ketua Komnas HAM : Tindakan OPM Sangat Brutal

‘’Bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan dengan melakukan pembersihan sampah di sepanjang pantai Susumbolan sekaligus kami rangkaikan dengan HUT ke 75 Pomal,’’ kata Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono S.H M Tr Hanla kepada Pos Rakyat. Senin, 15 Februari 2021.

Baca Juga: Polda Sulteng Bersama Korem 132 Tadulako Gelar Apel Kesiapan Vaksinator dan Tracer Covid-19

Menurut orang pertama di Lanal Tolitoli itu, keterlibatan salah satu pihaknya terjun langsung dalam pembersihan sampah disepanjang pantai Susumbolan dikarenakan pantai merupakan salah satu ikon yang kerap dikunjungi warga.

Baca Juga: Gubernur Sulsel dan Kapolri Resmikan Pembangunan Rumah Polisi Korban Gempa di Sulbar

‘’Jika kita biarkan terjadi tumpukan sampah otomatis akan berpengaruh pada keindahan kota,’’ucapnya.

Selain Itu, kata perwira dengan dua melati dipundaknya, akibat tumpukan sampah, populasi ikan yang berada disekitar pantai tidak lagi banyak seperti sedia kala, sehingga mereka bermigrasi ketempat lain. Hal ini disebabkan tumpukan sampah yang masih bertebaran.

“Saya sangat cinta dengan Tolitoli dimana disini tempat saya bertugas, sebagai bentuk kecintaan saya, bersama Kodim 1305, Polres Tolitoli, serta Sat Pol dan dibantu masyarakat, kami membersihkan pantai Susumbolan,’’ pungkasnya.***