Direktur Cabang PT SMS Meminta Aktifitas Ilegal Tambang Tembaga di Desa Oyom di Usut

oleh -
oleh
Direktur Cabang PT Sulawesi Mineral Sejahtera (SMS), Rifai Mappasule, SH., MH. Foto: Ist

PosRakyat – Aktifitas tambang batuan tembaga di dusun Ogotaring desa Oyom kecamatan Lampasio yang telah di laporkan di Polres Tolitoli oleh Direktur Cabang PT Sulawesi Mineral Sejahtera (SMS), Rifai Mappasule, SH., MH diminta untuk di usut tuntas. Pasalnya titik lokasi pertambangan yang di olah secara manual itu masuk dalam kawasan hutan lindung.

“Saya sudah menyurat ke Polres Tolitoli dan tembusannya di teruskan ke Polda Sulteng terkait aktifitas tambang batuan tembaga di desa Oyom untuk di usut sesuai dengan hukum yang berlaku,” Kata Rifai Mappasule.

Rifai menjelaskan aktifitas yang dilakukan oleh kelompok kecil masyarakat setempat terindikasi ada oknum yang dengan sengaja memprovokasi dengan kalimat kalimat agar masyarakat tidak perlu takut untuk mengolah tambang batuan tembaga, yang jelas jelas tidak mengantongi ijin, bahkan penegak hukum saat turun ke lokasi menemukan sekitar 70 karung batuan tembaga.

“Kami berharap penegak hukum untuk mengusut oknum yang terlibat dan memprovokasi masyarakat untuk mengolah tambang batuan tembaga yang jelas jelas tidak kantongi ijin,” pinta Rifai.

Selain menyurat ke pihak penegak hukum terkait aktifitas pengambilan batuan tembaga, pihak perusahaan lanjut Rifai Mappasule selaku Direktur Cabang PT. SMS yang merupakan bapak angkat dalam kepengurusan Ijin Pertambangan Rakyat (IPR) mendatangi DPRD Tolitoli pada  Rabu, 14 September 2022 dengan puluhan kelompok masyarkat untuk meminta Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Anggota DPRD dan sejumlah OPD teknis termasuk pihak Polres Tolitoli dan Kehutanan, agar DPRD mengeluarkan rekomendasi penghentian aktifitas pertambangan batuan tembaga dan meminta pihak penegak hukum mengusut oknum yang membekingi aktifitas pengambilan batuan tembaga.

“Pihak perusahaan selaku papa angkat kelompok masyarakat dalam hal pengurusan ijin, mendatangi DPRD untuk RDP agar mengeluarkan rekomendasi penghentian aktifitas tambang tembaga di desa Oyom,” kata Rifai Mappasule.